Empat orang berbusana nuansa biru muda dan putih meliuk-liuk di langit-langit. Mereka berayun-ayun dalam balutan kain putih ke sana kemari mengikuti irama lagu yang mengiringi. Saat keempatnya melakukan akrobat dalam satu balutan kain  putih, suara pekikan penonton terdengar keras, beberapa melongo dan terlihat cemas lantaran ngeri melihat adegan tersebut.

Seolah hanya sebuah ayunan dalam taman bermain, tak ada rona ketakutan sedikit pun di raut wajah mereka. Sesekali mereka menyapa penonton dengan lambaian tangan dan senyuman sembari tetap mengayunkan tubuh mereka yang tampak ringan itu.

aksi flying trapeze

Saat irama lagu berganti sedikit menghentak, tiba-tiba sebuah kapal berkayu datang. Keempatnya segera berpindah mengayunkan kapal yang tingginya mencapai hampir tiga meter! Lagi, mereka berayun ke sisi kanan dan kiri kapal, mengikuti alunan musik

laser show man - sirkus tanpa hewan
sumber foto: Instagram The Great 50 Show

Adegan tersebut merupakan salah satu adegan dalam sebuah pertunjukan The Great 50 Show yang berlangsung di Lenmarc, Surabaya kemarin (13/3). Travel Across Asia tersebut menjadi salah satu adegan yang saya suka di show tersebut. Semua pemain, kru, alunan musik, serta nuansa pertunjukan yang penuh adegan mendebarkan itu, membuat saya tak bisa bepaling dari permainan mereka.

tarian bola api

Meski pertunjukannya minim sekali dialog (yaiyalah kamu pikir sinetron hehe) tapi pertunjukan sirkus ini berhasil membuat perasaan saya nano-nano. Sesekali saya dibuat takjub oleh aksi akrobatik setiap pemain. Banyak sekali aksi mereka yang bikin spot jantung. Huh! Saya nggak berhenti ngelus dada atau memekik ketakutan karena pertunjukan ini. Lain waktu saya dibuat tertawa akan aksi jenaka mereka. Tapi beberapa kali juga dibuat diam terhanyut. Hmm.

Perpaduan Antara Konsep Tradisional dan Teknologi Modern

Pada bagian awal pertunjukkan saya masih bersikap biasa. Pertunjukkan dibuka oleh seseorang yang disebut dengan The Ring Master dengan menyanyikan lagu It’s Celebration. Disusul permainan sirkus oleh sekelompok pemuda, bermain juggling bola dan bersepeda roda satu. Lalu mulai mendebarkan saat beberapa pria bermain bola api, berganti lagi adegan pemain yang beraksi trapeze (berayun di ketinggian dengan menggunakan tali ataupun net).

Pada menit-menit terakhir ada satu adegan yang membuat saya langsung bergumam “GILA KEREN BANGET INI!” adalah saat seorang perempuan muncul dengan kostum layaknya Captain Marvel. Dia memainkan “senjatanya” berupa laser berwarna hijau dengan cekatan dan memainkannya layaknya sebuah harpa.

sumber foto: Instagram The Great 50 Show

Kalau tidak jeli saya mengira bahwa itu senjata sungguhan. Haha. Namun jika dilihat lagi dengan seksama nyatanya itu adalah permainan teknologi laser yang cukup canggih. Penonton berdecak kagum dan tepuk tangan bergemuruh di seluruh ruangan berkapasitas 1.200 orang tersebut.

Sayang sekali pada adegan ini tidak boleh mengabadikan dengan kamera maupun ponsel pribadi. Saya dan teman-teman blogger serta rekan dari media hanya diperbolehkan mengambil gambar selama 15 menit saja di awal pertunjukkan. Alasanya karena hak cipta dan privasi yang perlu dijaga. Jadi, kalau penasaran datang langsung dong dan nonton The Great 50 Show yang pertama hadir di Surabaya ini heheee.

Pak Hans Manansang selaku Managing Director Ananta Harsa Group (AHG) mengaku, pertunjukkan sirkus berdurasi dua jam tersebut memang sengaja memadukan konsep tradisional dan teknologi modern. “Kami mengikuti perkembangan zaman. Agar sirkus tidak monoton, maka kami gabungkan dengan teknologi modern. Misalnya menghadirkan permainan laser, cahaya dan video mapping dalam setiap adegan. Kami juga membuat lagu orisinil untuk pertunjukkan sirkus ini,” tuturnya.

Sirkus Tanpa Hewan

Boleh dibilang The Great 50 Show adalah salah satu sirkus yang mendobrak pakem lama bahwa sirkus harus ada “atribut” hewannya. Namun, pertunjukkan yag dimainkan oleh tim dari Oriental Circus Indonesia ini benar-benar menggunakan sirkus tanpa hewan. Representasi hewan diperankan oleh kru yang memakai replika hewan, seperti harimau atau gajah. Jadi nggak perlu was-was kalau tiba-tiba ada singa mengaum keluar dari balik tirai. Karena kita malah dibuat tertawa oleh aksi jenaka para pemain yang memerankan sebagai binatang.

Hiburan Keluarga Millenial

Kalau bosan dengan hiburan yang itu-itu saja di mall, pertunjukkan The Great 50 Show ini bisa jadi pilihan hiburan keluarga millenial loh. Pas untuk segala usia. Mulai dari anak-anak, remaja, bahkan kemarin ada nenek kakek yang ikut nonton sirkus ini. Mereka nggak berhenti terpukau, tertawa dan berdecak kagum.

Eh tapi, apakah aman membawa anak usia bayi atau balita? 

Kalau menurut saya kebijakan orangtua masing-masing ya. Karena memang banyak adegan yang mendebarkan. Kalau pun mau mengajak balita harus dibriefing dulu sebelum dibawa ke sini. Kita ceritakan gambaran pertunjukkannya seperti apa, dan menjelaskannya bahwa ada beberapa adegan yang tidak boleh ditiru. 

Oya, selagi menunggu pertunjukkan dimulai, pengunjung bisa menunggu sembari mencoba beberapa kudapan di pojok food court yang telah disediakan. Kalau bawa anak-anak bisa juga loh sambil nyobain booth food painting atau bermain di kids corner. 

Di luar panggung ada kids corner, food painting dan food court.

Berapa Tiket Masuknya?

Harga tiket masuknya beragam. Tergantung kategori seat penonton. Mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 375.000, berlaku diskon 25% untuk pembelian dengan kredit dan kartu debit BCA.

Tiket bisa dibeli melalui :

  1. Traveloka
  2. Booth Lenmarc Mall main entrance
  3. Booth Pasarame Tunjungan Plaza 6
  4. On site (1 jam sebelum show dimulai)

Pertunjukan berlangsung Selasa-Minggu, dengan jadwal dibawah ini :

  1. Selasa-Kamis jam 19.00 WIB
  2. Jumat jam 16.00 WIB dan 19.00 WIB
  3. Sabtu-Minggu jam 10.00, 16.00 dan 19.00 WIB

Kalau mau tahu lebih lanjut infonya bisa dikepoin Instagramnya The Great 50 Show atau cek website mereka ya di sini. 

Yuuuk buruan ajak keluarga, teman, rekan kerja ke sini. Di Surabaya cuman sampai pertengahan bulan April loh!

 

10 COMMENTS

  1. aku setuju banget kalau sirkus tidak lagi menggunakan hewan. Kasihan banget karena waktu mereka harus dihabiskan untuk latihan. Kalau pelatihnya sabar, nah kalau enggak..

    Btw kalau nonton sirkus ini aku pasti sambil mrinding mrinding gitu, ngeri euy lihat orang bermain main di ketinggian…

  2. Wah seru, konsepnya unik juga ya Mba. Biasanya sirkus identik dengan hewan, tapi sekarang no hewan-hewan. Suka! Berarti nggak ada lagi kekerasan terhadap binatang seperti dulu. 😀 Nanti ngajakin Nuy kesini ah. hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here