Salah satu pertimbangan penting saat mengajak anak ke suatu tempat adalah apakah ia ramah anak atau enggak. Ramah anak versi saya jelas yang ada mainannya, lokasinya luas jadi bisa buat lari-larian, bersih dan teduh, dan yang paling penting banyak jajanannya! Haha.

Eh nggak nyangka dekat rumah saya di daerah Sawojajar, Malang ada taman bermain dengan konsep food court macam mall gitu! Wah ya jelas girang dong. Namanya taman jajan Al Fatih. Lokasinya ada di dalam perumahan. Tepatnya di Jalan Danau Maninjau Raya No.169, Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang. Kalau dari rumah cuman 5-10 menit naik motor.

the giant Prosotan

Saking deketnya saya dan keluarga, seringnya sih sama anak, ke sini tiap dua minggu sekali. Haha. Di taman Al Fatih tersedia tiga jenis arena bermain. Ada kolam pancing ikan (tapi ikan mainan ya bukan sungguhan haha), mainan pengasah motorik halus macam balok, puzzle, lego dan sejenisnya, lalu ada lagi mainan yang mengasah motorik kasar yakni prosotan dan mini panjat tebing.

Akmal belum bisa main ini hehe. Cocoknya usia 4 tahun ke atas.

Bayar nggak? Di dunia ini tampaknya yang gratis hanya *buang angin* ya buibu haha. Ups! Tapi tenang aja bayarnya nggak menguras dompet kok. Untuk tiga arena bermain tersebut cukup merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu, ini di hari biasa ya.

Main ikan-ikanan sama kakak-kakak 😉

Kalau pas weekend dan hari libur nasional atau libur sekolah bayarnya Rp 20 ribu. Itu anak-anak bisa main sepuasnya, sampe pegel sampe bajunya pada lecek semua haha. Kalau mau dapat diskon, (yang paling disenangi buibu! haha), cukup daftar aja jadi member setia pendatang taman jajan Al Fatih. Lumayan, lho kalau anak-anak hobi main ke sini bisa dapet diskon 10 persen. Dah diitung-itung sendiri ya hehe.

Nah, namanya anak-anak kan kadang lupa waktu kalau sudah asyik bermain ya. Anaknya seneng, emaknya senep nungguin sambil ngantuk-ngantuk hehe (ini mah saya!). Supaya nggak bosan, pihak Taman Al Fatih ini mengerti banget lho kebutuhan orang tua yang menemani anaknya bermain, yakni disediakan banyak kursi dan beberapa gerai makanan dan jajanan! Pilihannya beragam, mulai dari yang makanan berat, sekadar camilan atau cuman mau minum-minum cantik ada semua tersedia. Ada nasi ayam bakar, soto ayam, siomay, kentang goreng, pangsit mie, sampai es krim.

camilan favorit Akmal kalau main ke sini hehe.
es krimnya enak. pilihan rasanya pun banyak.

Nggak seperti taman bermain pada umumnya yang menjual jajanan sembarangan, kita nggak tahu bahan yang digunakan higienis apa enggak. Nah, di taman ini makananannya insyallah halal dan higienis. Saya suka banget konsep dan tata letak gerai-gerainya. Beneran mirip di mall, hanya saja ini lokasinya berkonsep outdoor. Penjualnya juga yang langsung mengantarkan makanan yang dipesan ke meja kita langsung. Udah bersih, pilihan makanan beragam, waitress nya ramah-ramah pula. Oh ya selain itu ada mushollanya juga. Meskipun mini tapi bersih. Penting.

Taman ini buka mulai pukul 6 pagi sampai 10 malam. Paling enak ke sini sih pas sore-sore. Saya kapok deh bawa Akmal ke sini siang-siang, panas buk!

beberapa gerai makanan yang tersedia di taman jajan Al Fatih
cocok banget buat tempat kumpul bareng keluarga, teman-teman atau sekadar reunian sesama buibu hehe.

Rasanya masih jarang ya taman terbuka hijau yang edukatif sekaligus fun untuk anak-anak di Malang ini. Yang semenarik taman Al Fatih ini. Lumayan kan nggak perlu jauh-jauh ke mall buat mengajak anak main ke playground . Kalau ke mall malah tekor, bukan hanya mengajak anak main di playground tetapi juga belok ke toko-toko yang lain! Haha.  Buibu ada yang punya rekomendasi taman bermain di area Malang? Sini saya dikasih tau dong! Hehe.

 

4 COMMENTS

Leave a Reply to Zahra Firda Cancel reply

Please enter your comment!
Please enter your name here