Aduuh, kenapa kulitnya ngelupas lagi siiih? batin saya saat melihat kulit punggung anak lanang saya beberapa kali mengalami kering dan mengelupas.

Sedih nggak sih lihatnya? Sebagai ibu pasti khawatir melihat kulit bayinya seperti itu. Saat saya tanyakan pada dokter spesialis anak, rupanya kulit Akmal termasuk jenis yang sensitif. Beliau langsung nyeletuk, “Anakmu dikasih minyak telon ya? Distop aja. Nggak perlu. Kulit anakmu ini sensitif”

Jleeebbbb nggak tuh.

Padahal kan maksud saya diolesin minyak telon agar punggung dan tubuhnya terasa hangat. Eh ternyata memang tidak semua bayi cocok dengan rangkaian produk perawatan dari berbagai merk. Saya kira ya pokoknya produk tersebut ada label ‘for baby’ ya berarti anak saya bisa pakai juga.

Jenis-jenis Kulit Bayi

Wawasan saya semakin tercerahkan saat menghadiri sebuah talkshow mengenai “#ApaJenisKulitBayimu” di pameran mother&baby di Surabaya beberapa waktu lalu. Tahukah bunda-bunda, ternyata ada tiga jenis kulit bayi yang perlu kita ketahui.

  1. Kulit normal : ciri-cirinya kulitnya lembut, lembab dan bersih
  2. Kulit kering : cirinya kasar, bersisik dan kadang terkelupas. Jenis kulit ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni faktor genetik, lingkungan maupun pemakaian produk perawatan kulit yang tidak cocok.
  3. Kulit atopik : gatal, sangat kering dan kadang muncul bercak merah. Faktornya belum diketahui namun menurut American Academy of Dermatology, berasal dari faktor keturunan, sistem imun yang rendah dan karena lingkungan yang iklim kelembaban yang rendah.
Mohamad Nurhadi dan Dokter Intan saat menjelaskan jenis-jenis kulit bayi.

Oleh karena jenis kulit bayi yang berbeda-beda tersebut, maka perawatan kulit bayi pun juga berbeda. “Perawatan kulit yang tepat akan menjamin kulit bayi terpenuhi, sekaligus menjaga kualitas kulit bayi hingga dewasa nanti,” ujar Mohamad Nurhadi, Brand Manager Mustela Indonesia.

Setelah memahami jenis-jenis kulit bayi dan bagaimana perawatan yang tepat, saya jadi berhati-hati merawat kulit Akmal, salah satunya dengan memilih produk perawatan bayi yang aman bagi kulit bayi. Jujur saja saya sempat mencoba beberapa produk perawatan bayi hingga akhirnya mencoba produk dari Mustela Bebe.

bunda-bunda pada serius nyimak. tebak saya yang mana? hehe

Keunggulan Mustela Bebe

Produk Mustela Bebe memiliki kelebihan mengandung  Avocado Porseose. Fungsinya, untuk memperkuat kulit bayi sehingga lebih tahan terhadap iritasi / kemerahan dan menjaga kekayaan stem cell yang berperan dalam menjaga kualitas kulit, sekarang dan seterusnya.

Selain itu, Mustela Bebe mengandung bahan-bahan alami, tidak menggunakan alkohol dan dengan formulasi Hypoallergenic serta teruji secara klinis. Sehingga Mustela Bebe aman digunakan bayi sejak lahir. Di produk ini juga mengandung bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk masing-masing jenis kulit. “Mustela satu-satunya baby skincare yang memiliki produk perawatan lengkap untuk setiap jenis kulit bayi. Hal ini menunjukkan keahlian Mustela sebagai expert perawatan kulit bayi selama lebih dari 60 tahun, ” tutur Nurhadi.

Pengalaman Selama Menggunakan Rangkaian Perawatan Bayi Mustela Bebe

Produk Mustela Bebe ini memang super lengkap. Ia memiliki rangkaian perawatan bayi seperti daily skincare, diaper change, bath dan cleansing. Nah perawatan buat bundanya aja kalah hehe.

Saya menggunakan serangkaian perawatan kulit dari Mustela Bebe pada Akmal selama lebih kurang dua minggu. Berikut pembahasannya satu-persatu ya :

1. Gentle Cleansing Gel

Bentuknya berupa sabun cair dan batangan. Namun keduanya memiliki fungsi yang sama. Yakni membersihkan, melindungi dan menjaga keseimbangan dan kelembaban kulit kepala dan badan bayi. Praktis kan dan tentu saja irit hehe.

Saat saya cobakan ke Akmal, teksturnya lembut di kulit dan tidak terlalu banyak busa dan mudah dibilas. Hal ini mengindikasikan bahwa produk ini minim kandungan detergent karena ini salah satu yang membuat kulit bayi kering. Aromanya pun tidak terlalu tajam, tidak terlalu wangi namun menyegarkan. Jadi pengen cium-cium Akmal terus hehe.

Setelah pemakaian selama dua mingguan, kulit Akmal yang tadinya mengelupas berangsur membaik. Kulitnya kembali lembut dan halus seperti saat lahir dulu. Ahh bundanya ikut senang  😀

2. Massage oil

Salah satu hal yang paling Akmal suka setelah mandi adalah pijat! Kalau udah masuk sesi ini dia pasti langsung anteng 😀 . Nah agar pijatan terasa lembut saya menggunakan Mustela Bebe Massage Oil. Teksturnya pun tidak terlalu lengket di kulit dan lebih mudah meresap.

Yang paling saya suka dari Massage Oil ini adalah kemasannya. Dikemas dalam botol spray yang memudahkan kita membawanya ke mana-mana. Praktis banget kalau dibawa travelling. Tinggal disemprotkan ke tangan, lalu gosokkan pada kedua tangan dan mulai pijat-pijat!

3. Hydra Bebe Lotion

Nggak cuman bundanya dong yang setiap habis mandi pakai lotion, si Akmal pun begitu. Hydra Bebe Lotion ini termasuk lotion yang secara khusus diformulasikan untuk digunakan sejak bayi baru lahir.

Aromanya segar,  teksturnya juga ringan dan tidak berminyak sehingga mudah terserap kulit bayi. Beberapa kali pakai ini dan kulit Akmal jadi halus kembali.

4. Vitamin Barrier Cream

Cream ini dikhususkan untuk bayi yang mengalami ruam popok. Alhamdulillah masa-masa ruam popok saat Akmal perrtama lahir sudah berlalu. Dulu bingung banget pas Akmal masih usia satu bulan udah ruam popok 🙁 kalau saja dulu ketemu si Mustela Vitamin Barrier Cream lebih awal pastinya masalah tersebut lebih cepat tertangani.

Saya pakaikan ini ke Akmal hanya sesekali. Misalnya saat bagian ((maaf, selangkangannya)) agak kemerahan segera saya oleskan cream ini. Menurut saya sih warnanya agak light. Tapi teksturnya lembut kok dan mudah diserap. Kemasannya berupa tube gitu dan ada beberapa seri kecil (50 mL), sedang (100 mL) hingga besar (150 mL). Jadi kalau mau travelling tinggal bawa yang kecil lebih praktis 😉

Serangkaian perawatan bayi menggunakan Mustela Bebe ini membantu banget buat saya yang memiliki bayi dengan kulit sensitif. Penting lho bunda untuk mengetahui jenis kulit dan perawatan yang tepat untuk bayi.

Oya, produk-produk tersebut bisa didapatkan di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, baby shop terdekat dan bisa juga melalui online di orami.com dan JDID. Supaya bunda-bunda tidak ketinggalan info seputar perawatan bayi yang tepat, pantengin aja info berfaedahnya di sini ya :

Kalau bunda sendiri gimana, #ApaJenisKulitBayimu ? 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here