“Aku mau jilbab dan gaunku panjang dan lebar, yang jelas nggak membentuk lekuk tubuh”,

“Riasan nggak usah menor-menor. Natural aja”,

“Nggak usah cukur alis, kan nggak boleh juga dalam Islam. Lagian alisku udah tipis”,

Adalah sederet aturan saat saya mau menikah dulu. Saya paling males ribet dan aturan pernikahan dalam Islam (menurut saya) adalah yang paling tidak menyusahkan dan simpel. Nggak perlu pakai konde-kondean, nggak perlu pakai jilbab yang dililit-lilit karena ya sebaiknya jilbab tuh mengulur panjang hingga menutup dada. Dan soal riasan, saya paling anti menor.

Saya sempat lho berantem sama MUA saat hari H pernikahan karena permintaan saya di atas diabaikan dan malah dinyinyirin. “Jelek lho mbak jilbabnya biasa banget masak nggak di model gimana-gimana gitu?”; “Masak alisnya nggak dicukur?”; “Aduh mbak make upnya ketipisan lho ini, saya tambahi ya,”

Masya Allah kalau gini adem kan lihatnya, jilbab menjuntai panjang, terkesan elegan dan anggun 🙂 source pict: IG @laksmiislamicbride

Lhoo buuk wong yang nikah saya kok situ yang bawel sih. Saya kan juga bayar thooo. Si ibuk MUA langsung mingcep dan melaksanakan “tugasnya”.

Zaman itu memang sudah mulai marak vendor yang menawarkan busana pengantin muslimah. Tapi menurut saya sih banyak yang belum memahami bagaimana value yang benar soal busana pengantin muslimah yang syar’i. Asal gaun panjang dan berjilbab sudah dianggap busana pengantin muslimah, tidak peduli apakah jilbabnya dililit-lilit sampe rasanya tercekik.

Hingga kemarin (Kamis, 17 Januari) saat diundang di gatheringnya Laksmi Muslimah saya langsung berseru, “Wah keren nih Laksmi, paham betul sama konsep busana pengantin muslimah yang syar’i”. Sayangnya, saya mengetahuinya setelah sudah menikah..hehe.. Nggak masalah saya ceritain aja ya buat temen-temen yang barangkali bisa menjadi salah satu referensi kelak.

Mengenal Laksmi Muslimah…

Laksmi Muslimah merupakan salah satu brand busana pengantin muslimah lokal dari Surabaya. Laksmi hadir sebagai solusi busana pengantin muslimah yang syar’i namun tetap terlihat anggun dan elegan. Laksmi sendiri memilik dua jenis busana pengantin yaitu:

  1. Laksmi Kebaya Muslimah : Biasanya kebaya identik dengan desain yang press body. Namun kebaya Laksmi muslimah ini dirancang khusus untuk muslimah berhiijab. Sehingga tetap memerhatikan nilai-nilai Islam dalam berbusana, yakni tidak membentuk lekuk tubuh dan dipadukan dengan jilbab yang panjang menjuntai ke dada.
  2. Laksmi Islamic Bride : Pada seri ini Laksmi menghadirkan busana gaun dan dress bagi muslimah yang ingin tampil bak putri kerajaan Eropa. Meski desainnya lebih modern namun tentu tetap memerhatikan value Islam dalam berbusana.
Mbak Nungki, owner Laksmi Muslimah.

Desain Kebaya Laksmi dan Islamic Bride ini bikin mupeng buat kalian yang sedang mempersiapkan pernikahan. Kedua jenis busana tersebut memiliki desain yang simpel namun tetap tampak elegan. “Sebagian besar temanya rustic gitu. Dengan paduan warna-warna broken white, nude, babypink, dan warna-warna pastel lainnya. Trennya sekarang begitu,” ujar Nungki sapaan akrab Nur Aini Madjid, owner Laksmi Muslimah.

Selain itu desain yang diusung Laksmi di tahun ini lebih mengutamakan kenyamanan dengan memakai bahan-bahan seperti lace. Motifnya pun abstrak namun masih terkesan cantik dan anggun.

Pada ngikutin berita pernikahannya Anisa Rahma nggak nih? Nah, mantan vokalis girl band Cherrybelle tersebut salah satu artis yang mengenakan busana pengantin muslimah dari Laksmi lho! Coba diintip deh, cantik-cantik banget gaunnya! siapa tahu bisa jadi referensi pernikahan kalian nanti 🙂

Sewa atau Hak Milik?

Bisa dua-duanya lho! Kebaya dan gaun pengantin di Laksmi bisa dilakukan dengan sistem sewa maupun dipesan untuk menjadi hak milik. Kalau sewa gaun atau kebaya dibanderol dengan harga berkisar Rp 2-7 juta. Sementara buat kalian yang ingin “meminang” kebaya dan gaun Laksmi menjadi hak milik dikenakan biaya berkisar Rp 8,5 – 20 juta. “Tergantung model busana dan frekuensi pemakaian,” kata Ayu selaku Divisi Marketing Laksmi Muslimah.

Busana pengantin saat resepsi Anisa Rahma.

Tahun ini kebaya Laksmi melebarkan sayap ke negeri tetangga, yakni Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Selain itu mereka juga melayani pemesanan antar kota dan pulau. Kalau kalian ingin sewa tapi posisi di luar kota Surabaya, bisa banget dengan sistem sewa online. “Kalau luar pulau bisa tapi tetap harus port to port. Nanti busananya kami kemas rapi di dalam kotak khusus,” jelas Ayu.

Detail busana pengantin Laksmi saat akad

Nah buat kalian yang sedang merencanakan pernikahan bisa banget pesan kebaya maupun gaun di Laksmi dari sekarang. Mumpung tahun ini lagi ada diskon Rp 2 juta lho! Coba cek di sini ya. Oiya jangan lupa masukkan kode referensinya ya: LaksmixZahraFirdausiah

Nuansa syar’i pun nggak hanya tampak pada busana pengantin namun juga riasan wajah. Ayu mengungkapkan, saat ini mulai “digalakkan” kepada MUA yang bekerja sama dengan Laksmi untuk memberikan riasan wajah yang natural dan tidak mencukur alis.

2020 Laksmi Muslimah Siap Jadi Trendsetter Fashion Muslim

Saat gathering bareng Laksmi kemarin, mbak Nungki mengungkapkan, Indonesia bakalan menjadi kiblat fashion muslim pada 2020 nanti. Nah, nggak mau membuang peluang tersebut, Laksmi turut serta menyiapkan brand mereka untuk menjadi trensetter fashion wedding muslimah dunia. “Tapi kami tidak ingin bertumbuh sendiri, maka kami ingin mengajak teman-teman dari vendor lain di bidang wedding untuk bersinergi,” tuturnya kepada 150 undangan di hotel Ibis Surabaya.

Bermitra dengan Laksmi memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak

Menurut Nungki untuk menjadikan sebuah bisnis agar lebih berkembang salah satunya dengan berkolaborasi bersama para pebisnis lainnya. Makin banyaknya masyarakat yang “hijrah”, menyadari akan value Islam dalam kehidupan dan makin menjamurnya muslim yang berhijab menjadikannya mantap dalam berkarya fashion muslim menjadi sebuah lifestyle.

Menurutnya, fashion muslim kini bukan lagi sebuah keinginan namun kebutuhan. “Untuk itu kami melibatkan beberapa vendor wedding mulai dari make up artist, cathering, dekorasi, dan para fashion designer untuk bersinergi menghadapi tantangan kiblat fashion muslim ke depan,” paparnya.

Apa Untungnya Bermitra dengan Laksmi Muslimah?

Kalau kamu punya bisnis di bidang wedding nggak ada salahnya kok berkolaborasi sama Laksmi. Emang apa sih untungnya? Banyak dong!

Saya baru tahu lho kalau ternyata Laksmi udah sejak 2007 berkarya di bidang busana pengantin muslimah. WOW! Nah selama itu Insyallah sudah berpengalaman lah ya. Selama bersinergi dengan Laksmi nantinya akan ada pembinaan training pengembangan diri dan workshop bisnis setiap bulan. Selain itu ada pendapatan tambahan komisi setiap transaksi dan bonus setiap bulan, berkesempatan tergabung dalam komunitas pengusaha wedding dan masih buaaanyaak yang lainnya.

Kalau kamu tertarik coba isi link ini yaaa. Gampang aja tinggal di klik dan isi formnya. Untuk kode referensinya: LaksmixZahraFirdausiah.

Saya aja mupeng pake ini, tapi ya udah telat haha. Hayoo kamu yang pengen nikah segera dipinang ini busana pengantin dari Laksmi! Cantik-cantik Masya Allah…

Semakin maraknya pernikahan dengan konsep syar’i semoga menjadikan kita semakin cinta yaa sama nilai-nilai Islam dan semoga dengan begitu menjadikan pernikahan berkah serta membawa manfaat buat keluarga dan orang lain.

14 COMMENTS

  1. Iya ih sebel banget sm mbak2 MUA begitu. tapi mbak berani bgt protes ke mbaknya wkwkwk. Gtau jg knapa jaman dlu jarang bgt MUA yg tahu hal2 bgitu. Misal ga boleh cukur alis, atau jilbab harus sedada. Dulu aku mah jg gitu, ngga mau cukur alis. Eh tp jilbab ga sedada. Baju akad ketat. Makanya pas resepsi pake baju adat jawa aja nggak ketat. Enak bgt kalo ada laksmi muslimah. Nggak perlu khawatir, menikah sederhana tapi tetep elegan dan pastinya sesuai syariat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here