Menulis sudah menjadi hobi saya sejak kecil. Menulis cerita sehari-hari dalam buku diary, misalnya. Zaman berubah dan hobi ini saya salurkan melalui virtual diary, yakni blog. Saya mengenal blog sejak kuliah. Kala itu masih menulis soal cerita sehari-hari perkuliahan, travelling, puisi hingga cerita galau soal cinta. Hahaha… Intinya curhat.

Namun, setelah menikah tema tulisan semakin berubah. Tentang pengasuhan anak, keseharian sebagai seorang ibu newbie, intinya seputar keluarga dan lifestyle. 

Banyak sekali manfaat ngeblog yang saya rasakan. Salah satunya sebagai self healing. Terapi jiwa untuk mengobati kepenatan. Hehehe. Tak hanya itu, teman dari berbagai daerah juga saya dapat dari ngeblog.

Asyiknya menulis via blog itu suka-suka kita. Termasuk deadline-nya. Hehe… Nah, kerap kali hal ini nih yang membuat saya jadi keterusan (males) nulis. Maka dari itu penting banget meng-upgrade diri agar semangat menulis terus terpacu. Salah satunya mengikuti grup blogger atau workshop mengenai blogging. Seperti event Flash Blogging yang saya hadiri pada Jum’at, 2 Maret di Hotel Aria Gajayana, Malang.

Apa sih Flash Blogging?

Event ini sejenis kegiatan workshop menulis pada umumnya. Bedanya di soal waktu. Jika biasanya kita menulis sesuka hati (deadline-nya) berhari-hari, nah di event yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini kita diberi waktu sangat pendek. Cuma satu jam. Wah, ini sungguh menantang banget buat saya yang tipikal suka mengundur waktu.

Serunya, di Flash Blogging kali ini kita bisa ngobrol asyik soal blogging bareng Mbak Mira Sahid, Ketua Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) dan Pak Andoko Darta dari tim Komunikasi Presiden.

Menurut Mbak Mira, ngeblog bukan sekadar sarana curhat, tetapi juga sebagai wadah menyampaikan gagasan dan informasi. “Kalau bisa sih nggak hanya curhat aja, selama kita menulis berikan persepsi baru dan buat tulisan kita itu berkarakter,” ujarnya.

 

Para peserta sedang serius mengikuti challenge menulis kilat

Menulis Ada Etikanya

Mbak Mira juga mengungkapkan, menulis di blog juga ada etikanya. “Blog memang bersifat personal tapi tetap perhatikan soal efek ke pembaca,” ujarnya.

Nah, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh para blogger menurut Mbak Mira:

  • Is It True? Artinya, apakah artikel yang kita buat berdasarkan fakta? Jangan cuma katanya dan katanya dst… Kan mulai banyak tuh berita hoax bertebaran. Nah, sebagai blogger kita tetap perlu menjaga kebenaran dari artikel kita. “Think before posting! Meski isinya curhat, kita perlu juga memberi insight yang benar kepada pembaca,” tutur perempuan pecinta kopi ini.
  • Is It Hurtful? “Tulisan kita sebaiknya tetap santun meski dengan gaya bahasa santai. Bawalah attitude kita selama offline ke online. Itu penting,” kata Mbak Mira. Jangan sampai dong saat di kehidupan sehari-hari kita ngomongnya dengan gaya baik-baik eeeh tapi saat di media sosial seperti blog malah bernada maki-maki bahkan menyulut api permusuhan. Aduh jangan, yaaaa. Sungguh nggak mendidik dan malah memperkeruh suasana.
  • Is It Illegal? Menulis di blog nggak murni isi curhatan aja. Terkadang kita memasukkan pula informasi dari berbagai sumber. Nah, yang perlu diperhatikan kita harus menyebutkan sumber tersebut. “Boleh aja kok menulis dari berita-berita dari media atau memasukkan beberapa kutipan tokoh-tokoh, asalkan jangan plek ketiplek, ya,”

Selain soal etika, disadari peran blogger kini makin penting dalam kemajuan Indonesia lewat teknologi informasi. Seperti yang disampaikan Pak Andoko Darta, blogger punya peran signifikan memerangi berita bohong yang isinya nggak bisa dipertanggungjawabkan.

“Sekarang banyak sekali berita hoax yang tidak jelas sumbernya. Maka peran blogger ini penting agar meminimalisir berita yang tidak jelas. Maka menulis yang benar,” tuturnya.

Intinya, dengan ngeblog ternyata kita bisa ikut memajukan Indonesia di zaman now. Tapi jangan sampai lupa dengan etika-etikanya, ya. Ngeblog iya, ikut mencerdaskan netizen juga iya 🙂 

 

Ujung-ujungnya selfie 😀

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here