Tahun ini saya dan keluarga mudik ke rumah mertua di Caruban, Jawa Timur. Sebelumnya suami sudah berangkat duluan naik kereta api. Sementara saya bareng dengan bapak, ibuk dan adik-adik  dan tak lupa si bayi, dengan mobil pribadi. Kami berangkat H+2 dari Sidoarjo melalui jalur pantura. 

Selama delapan jam perjalanan, macet jadi persoalan yang nggak jarang bikin bete. Hawa yang panas membuat kami jadi cepat keringatan. Alhasil, baju cepet basah, rambut lepek, kulit jadi pliket, dan ujung-ujungnya muka jadi cepat kusam. Aduh, ini sebuah persoalan yang bikin sebal sebagian perempuan. Ya, nggak buibu? Hehe.

Ditambah lagi, selama di kampung mertua hampir setiap hari si bocah main di luar rumah panas-panasan. Main di sawah,  di lapangan bola, ngejar ayam, main layangan, dan banyak lagi. Nemeni dia beraktivitas di luar rumah tentu membuat saya mandi keringat setiap hari. Pulang-pulang muka saya beneran lengket semua, deh. Hihi.

main-main di sawah saat mudik
foto: dokumentasi pribadi

Kosmetik Wajib Saat Travelling!

That’s why meski sedang dalam perjalanan, soal merawat diri tetap nggak boleh ketinggalan, dong! Minimal bawa beberapa kosmetik dasar selama travelling. 

Kalau saya, sih, kosmetik yang enggak ketinggalan dibawa seperti facial soap, lipbalm, moisturizer, lipmatte, deodorant dan sunblock. Beberapa “senjata” ini wajib dibawa selama perjalanan, supaya jalan-jalannya tetep cantik dan segeeerrr hehehe. Nggak hanya itu, seharian aktivitas di luar dan seringnya terkena paparan sinar matahari kita perlu melindungi diri salah satunya ya dengan skincare macam sunblock.

beberapa kosmetik yang wajib dibawa saat travelling
foto: dokumentasi pribadi

Dalam pemilihan #kosmetikamanmudik, saya termasuk yang picky. Nomor satu buat saya adalah aspek kehalalannya. Kalau nggak ada label halalnya, say bye aja, deh.

Selain itu enggak asal. Misalnya mentang-mentang pernah dipake sama artis A atau selebgram B dengan iming-iming dapat memutihkan wajah, kita langsung cuusss ikutan pake . Enggaak, jangan sampe ya gara-gara ikutan mereka tapi nggak memerhatikan aspek-aspek penting untuk kesehatan kita. Alih-alih pengen tampil cantik, eeeh enggak taunya kosmetiknya bermasalah dan berbahaya.  

sumber foto: twitter BPOM

Eits, jangan salah lho buibu…Ternyata kosmetik yang memiliki bahan berbahaya masih beredar di pasaran. Termasuk beberapa merek luar negeri yang masuk ke Indonesia ternyata ada juga, lho, yang dipalsukan.

Seperti yang dilansir viva.co.id , beberapa produk kosmetik luar negeri seperti Barbapapa, Animate Vitamin E, Egg White, lipstik Kylie, Cherveen, dan lain-lain rupanya belum memiliki izin edar di pasaran. “Produk kosmetik ilegal ini diperkirakan akan diedarkan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kosmetik ilegal ini terbukti mengandung substansi yang tidak boleh ada di dalam kosmetik,” ujar Penny Lukito, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berdasarkan data dari BPOM sepanjang tahun 2016, menemukan 9.071 jenis atau sekitar 1,4 juta kemasan kosmetika impor ilegal dengan nilai keekonomian mencapai lebih dari Rp. 77,9 miliar.

Kemudian, tahun 2017 dari Januari hingga Oktober  BPOM berhasil mengamankan sekitar 1 juta lebih kosmetik ilegal dengan rincian 756.495 kosmetik impor ilegal dan 491.667 kosmetik lokal ilegal dari seluruh wilayah Indonesia (berita lengkapnya di sini). Duh, ngeri yaaa.

sumber: twitter BPOM

Apa Sih Bahaya Bahan-bahan Kosmetik Ilegal?

Maka dari itu penting banget mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik yang mau kita beli. Berikut ini bahan-bahan yang perlu kita waspadai:

1. Merkuri, biasa terkandung pada krim dan bedak ilegal. Merkuri mengandung logam berbahaya yang bisa menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit dan flek hitam yang sulit hilang.
2. Timbal, biasa terkandung dalam pada produk kosmetik ilegal untuk mata dan bibir. Juga mengandung logam berbahaya yang bisa menyebabkan kanker kulit.
3. Arsen, biasa terkandung pada bedak dan lipstik ilegal. Arsen juga mengandung racun yang bisa menyebabkan kanker kulit.
4. Rhabdomin, zat pewarna yang biasa terkandung pada lipstik ilegal. Juga berpotensi menyebabkan kanker pada kulit bibir.
5. Silicon, asam lemak (isopropopil isostearate) coconut oil & lanolin. Keempat bahan ini bersifat komedogenik, atau menyumbat pori-pori kulit. Kalau memakai kosmetik yang terlalu banyak mengandung bahan ini, wajah akan timbul jerawat karena pori-pori yang tersumbat.

tips agar aman dari kosmetik ilegal

Pilih Kosmetik Aman dengan Cek KLIK!

Selain jago dandan, sebagai perempuan juga harus jago nih dalam pemilihan kosmetik yang aman. Jeli dan teliti saat membeli wajib kita terapkan agar selamat dari kosmetik ilegal. Enggak mau kan kena dampak kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya tersebut. Hiiiy, jangan sampe deh!

Nah, untuk memastikan komsetik tersebut aman, BPOM memberikan solusi jitu sebelum membeli kosmetik. Yakni dengan resep #CekKLIKBPOM. Apa itu KLIK?

foto: dokumentasi pribadi Sebelumnya download aplikasi cek BPOM di google playstore

1. Kemasan

Sebelum membeli produk kosmetik pastikan dan cek kemasan kira-kira masih layak nggak untuk dipakai. Kalau sekiranya ada yang lubang atau bagian kemasan robek, sebaiknya jangan dibeli, ya. Bisa jadi sudah terkontaminasi dan kemasannya lama. Tentu saja ini nggak layak dipakai.

2. Label

Jangan lupa selalu baca informasi produk pada label kosmetik yang kamu beli. Pastikan segala informasi seperti komposisi kosmetik, anjuran penyimpanan, kegunaan kosmetik, dan informasi penting lainnya. Sebagai konsumen kita harus cermat, lho buibu!

foto: dokumentasi pribadi
Selanjutnya, masukkan nomor registrasi produk atau nama produk.

3. Izin edar

Pastikan kosmetik yang kita konsumsi telah memiliki izin edar dari BPOM Indonesia. Bagaimana caranya? Gampang, banget kok. Kita tinggal mengeceknya di laman BPOM dan masukkan nomor registrasi yang tertera pada kemasan kosmetik.

Kalau lebih mudahnya, kamu bisa juga mengeceknya melalui aplikasi cek BPOM. Saat ini BPOM telah menyediakan aplikasi khusus cek produk yang tinggal diunduh di google playstore. Caranya pun mudah banget, kamu tinggal memasukkan nomor izin edar BPOM yang tertera di kemasan produk dan nanti semua informasi mengenai produk yang mau dibeli akan muncul dengan lengkap. Jadi, nggak perlu ragu lagi soal keamanan produk yang mau kita konsumsi.

Produk yang memiliki izin edar dari BPOM akan muncul data-datanya di aplikasi.
foto: dokumentasi pribadi

4. Kadaluarsa

Nah,ini juga penting banget! Saat mau membeli produk apapun termasuk kosmetik, saya selalu mengecek tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai kelewatan karena bisa jadi produk yang sudah kadaluarsa dapat mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya buat kulit kita. Kalau sudah lewat sebaiknya jangan dibeli, ya.

Masih Ragu? Laporkan saja ke…

Selain di aplikasi dan website www.pom.go.id , BPOM juga menyediakan segala informasi mengenai produk yang telah terregistrasi melalui semua media sosialnya. Kita bisa mengecek semua informasi terkait melalui Instagram (@bpom_ri), Twitter (@bpom_ri), maupun Facebook (@bpom.official). Nah, kalau misal produk yang mau konsumsi belum juga ada di aplikasi maupun website, bisa banget mengadukan lewat Halo BPOM di 1500533.

sumber foto: twitter BPOM

Setelah mengetahui jurus #cekKLIKBPOM ini saya jadi wanti-wanti sama diri sendiri maupun ke keluarga sebelum membeli kosmetik. Terutama pada adik-adik cewek saya yang pada doyan ‘jajan’ kosmetik hehe. “Eh coba dicek dulu ada izin edarnya nggak? Kapan tuh tanggal kadaluarsanya? Harus jeli!,” bawel saya pada mereka hehe.

Zaman udah canggih begini, nggak boleh ada kata malas untuk cerdas teliti sebelum membeli produk baik kosmetik, obat-obatan, pangan maupun jamu. Yuk, ah jadi konsumen yang cerdas 😉

Btw, selain edukasi dan sosialisasi lewat Instagram, Twitter dan web resmi, BPOM ternyata juga bikin jingle cek KLIK, lho! Dan menurut saya ini menarik! Jinglenya bikin saya reflek ingin ikut nari hehe. Tujuan untuk mengedukasi jadi terkesan asyik dan nggak menggurui. Coba, deh simak videonya di bawah ini.

 

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here