Suatu hari pernah ada seseorang yang nyeletuk “enak banget kamu kerja di rumah, nulis-nulis doang dapet duit!” . Saya yang mendengar celotehan itu ingin sekali rasanya membuatnya supaya bungkam tapi saya enggak setega itu, jadi ya cukup ditanggapi dengan senyuman saja hehe.

Sejujurnya bekerja dari rumah tidak seratus persen menyenangkan. Percayalah! Ada kalanya rasa bosan itu datang. Selain itu masih harus mengurus keluarga dan rumah tanpa bantuan mbak ART. Sebagian besar waktu saya berada di rumah. Menulis artikel pesanan klien, menulis konten untuk blog, juga menulis di sebuah website parenting.

Ya, sejak resign dari profesi wartawan, saya memutuskan menjadi freelance writer, content writer untuk beberapa media online. Termasuk menerima job content placement di blog dan baru-baru ini saya menjalani bisnis online produk edukasi buku anak-anak.

Ilustrasi bekerja dari rumah. Padahal mah biasanya dasteran sambil momong anak hahaha

Jika bosan melanda, tak jarang saya membawa Akmal bermain di taman, playground atau perpustakaan kota. Setiap membawa Akmal kadang ada rasa ingin juga bawa laptop sekalian. Maksud hati supaya bisa sekalian nulis menyelesaikan deadline pesanan dari klien atau tiba-tiba mendapat inspirasi untuk menulis di lokasi playground.

Problem Mom Blogger

Tapi laptop yang biasanya saya gunakan itu beratnya nambahin beban di pundak. Padahal isi tas yang saya bawa hampir 90 persen adalah kebutuhan Akmal! Mulai dari mainan, camilan, tisu, popok, hingga baju ganti. Saya cuman numpang nitip dompet sama HP doang. Jadi kalau mau bawa laptop keluar rumah sambil ngajak Akmal, mikir-mikirlah saya.

Alhasil, ide-ide yang terlintas saya ketik di smartphone atau kalau kadung kelelahan ngikutin Akmal main menguaplah inspirasi entah ke mana.

Jadi inget sama suami yang hampir ke mana-mana selalu membawa laptop. Bahkan saat pulang kampung libur lebaran lalu laptop tak lupa dibawanya. “Ya nanti kalau tiba-tiba ada revisi kerjaan gimana?” katanya sambil sibuk utak-atik website depan laptop.

Nggak bisa dipungkiri di zaman serba digital ini laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi bagi mereka yang bekerja di ranah industri kreatif seperti content creator, blogger, writer, desainer grafis, pebisnis bahkan mereka yang bekerja di ranah pemerintahan.

Keunggulan laptop sendiri tentu bisa memuat lebih banyak file, foto dan video. Dibanding smartphone yang memang memiliki kapasitas terbatas. Selain itu lebih leluasa editing video dan desain grafis karena memang kedua aktivitas ini memakan banyak memori ya. Bagi blogger macam saya sejujurnya lebih nyaman mengetik dari laptop ketimbang smartphone.

Cuman ya gitu membawa laptop ke mana-mana macam bawa dua kilo beras itu kan sungguh males ya, belum ditambah kerempongan bawa anak. Itulah kenapa saya senang sekali saat tahu bahwa kini ada ASUS Vivobook Ultra A412 yang mengklaim sebagai The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook! 

Berkenalan dengan Laptop Super Slim!

Waktu #ASUSGatheringMalang Sabtu (24/8) lalu saya semacam jatuh cinta pada pandangan pertama! Salah satu laptop warna biru dari ASUS Vivobook Ultra A412 ini merepresentasikan warna khas millennial benget.

asus vivobook ultra

Saat menyentuhnya dan mencoba mengangkat laptop ini memang seperti yang mereka klaim, ringan dan slim! Lalu saya coba untuk menyelipkannya ke dalam tas diantara popok, susu, mainan, camilan dan kebutuhan Akmal lainnya. Dan alhamdulillah muat dong! Saya nggak merasa ketambahan bawa beban dua kilo beras, bahkan sepetinya kurang dari itu.

Jadi penasaran apakah hanya itu keunggulannya?

Eh ternyata di balik kerampingan ASUS Vivobook Ultra A412 ini ada segudang keunggulan yang membuat SIAPA SAJA ingin segera memilikinya, termasuk ibu rumah tangga yang doyan ngeblog macam saya ini. Apa sajakah keunggulannya? Baca terus dong sampai tuntas! Hehe.

Body Tipis, Ringkas dan Ringan!

ASUS Vivobook Ultra A412 termasuk laptop yang memiliki dimensi ringkas dan tipis. Laptop 14 inci ini memiliki panjang 32 cm dan lebar 21 cm. Yang membuatnya tampak lebih mungil dari laptop 14 inci lainnya adalah tebalnya yang hanya 1,9 cm dan bobotnya cuman 1,5 kg!

Sehingga sekilas kalau dilihat ia tampak seperti laptop 13 inci. Itulah kenapa dia mendapat gelar The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook! Laptop paling mungil di seluruh dunia!

Vivobook A412 ini memang laptop 14 inci, tapi dia lebih kecil 20 persen dari laptop seukurannya, imbuh Riandanu, ASUS Indonesia Technical PR saat #ASUSGatheringMalang kemarin.

Cocok banget nih buat mereka yang bekerja di mana saja, ke mana saja tanpa perlu ribet bawa laptop seberat sekarung beras. Cukup selipkan saja di tas selempangmu. Bahkan nggak memakan banyak ruang saat bekerja di meja bekerjamu.

 

Bodynya yang tipis itu terletak pada penggunaan teknologi modern

NanoEdge Display. Yakni bezel samping layarnya cukup tipis hanya 5,7 mm. Selain itu memiliki screen-to-body ratio 87 persen yang membuat dimensi body-nya dapat diperkecil.

Bahkan dengan bezel ultra ramping, kamera HD yang nyaman ditampung di bezel atas untuk videochat dengan keluarga dan teman di seluruh dunia. Nah, seru banget kan!

Ergolift Design

Keunggulan Vivobook Ultra A412 yang lain adalah Ergolift Design, yakni mekanisme yang membuat body utamanya terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Posisi keyboard yang miring ini membuat aktivitas mengetik dan pengoperasian laptop jadi lebih nyaman saat digunakan. Pas banget kalau misalnya lagi ngetik mager bisa sambil selonjoran hehe.

ErgoLift Design juga membuat sistem pendingin di VivoBook Ultra A412 dapat bekerja lebih optimal. Bodinya akan sedikit terangkat sehingga membentuk rongga yang dapat memperlancar sirkulasi udara pada sistem pendinginan. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, hardware di dalam ultrabook ini dapat bekerja lebih optimal.

Pre-Install Windows 10 Original!

Laptop saya yang lawas yang menemani saya sejak kuliah pernah ngambek lantaran banyak banget terserang malware alias virus. Alhasil saya harus install ulang ke gerai dekat kampus. Eh bukannya malah sembuh baru beberapa minggu kemudian harus “dirawat” lagi. Aduh sedih dan stress banget waktu itu, sebab saya lagi sibuk-sibuknya mengerjakan skripsi.

Usut punya usut ternyata windows yang diinstall adalah bajakan! Sehingga memudahkan virus menyerang “jeroan”nya laptop saya.

Kabar baiknya di Vivobook Ultra A412 kita bisa mendapatkan Pre-Install Windows 10 yang asli tanpa harus mengeluarkan duit tambahan, karena nggak perlu install ulang lagi. Bye bye deh windows install bajakan!

Login dengan Sensor Fingerprint

Kadang-kadang saya suka lupa deh password buat login ke windows. Nah, ini kan bahaya buat produktivitas kita. Untuk itu Vivobook Ultra A412 memberikan fasilitas fitur modern dengan menyediakan sensor fingerprint agar proses login jadi lebih cepat.

Fitur fingerprint ini bisa terintegrasi langsung dengan Windows Hello. Sehingga nggak perlu repot mengetikkan password saat masuk ke dalam akun Windows 10 di VivoBook Ultra A412 . Bonusnya membuat VivoBook Ultra A412 ini menjadi lebih aman. Jadi saya nggak merasa was-was deh kalau misalnya Akmal iseng pencet-pencet keyboard sembarangan. Hehehe.

Fast Charging dan Backlit Keyboard

Lagi buru-buru berangkat kerja dan mau bawa laptop eh tapi ternyata baterainya mau habis?

Tenang, tenang.

Di ASUS Vivobook Ultra A412 ini menyediakan teknologi fast charging. Jadi, si mungil kece ini hanya membutuhkan waktu 49 menit untuk mengisi baterai hingga 60 persen.

Berkat baterai polimer-lithium berkualitas tinggi inilah kamu bisa menggunakan Vivobook Ultra A412 sepanjang hari. Teknologi pengisian daya baterai yang keren ini membantu melindungi baterai dari pengisian yang berlebihan. Jadi menjaga baterai tetap dalam kondisi prima.

Kejutan lainnya adalah keyboard dari Vivobook Ultra A412 ini bisa nyala saat kita bekerja di tempat yang redup. Key caps-nya juga telah diuji hingga 10.000 ribu ketukan. Jadi nggak perlu khawatir tentang daya tahan!

Performa Tangguh

Meski desainnya minimalis dan ringkas, tapi si laptop mungil ini memiliki performa yang tak kalah tangguh dengan para pesaingnya. Ditenagai prosesor AMD Ryzen ™ 7 terbaru dengan diskrit Radeon ™ RX 540X membuat ultrabook mungil ini menjadi yang paling gesit yang ada saat ini.

Dengan penggunaan Intel® Core™ i7 terbaru kamu yang doyan desain memakai aplikasi macam Adobe Photoshop, Illustrator atau ngedit video nggak perlu khawatir ngelag atau tiba-tiba ngehang karena varian Intel ini mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,6GHz pada konfigurasi 4 core dan 8 thread. Dan RAMnya bisa di upgrade hingga 8gb.

Nah, yang doyan berselancar di internet ASUS Vivobook Ultra A412 memfasilitasi dengan dual-band Wi-Fi 5 (802.11ac), jadi kamu bisa menikmati pengalaman online super cepat dengan kecepatan hingga 867Mbps.

Hadir dengan Pilihan 4 Warna

Yang pertama kali bikin jatuh cinta sih kalau saya karena warna-warna yang ditawarkan Vivobook Ultra A412 ini bikin mata segeeeerrr. Biasanya kan laptop pilihannya kalau nggak hitam ya silver.

Nah, dari ultrabook mungil ini menghadirkan empat pilihan warna-warni yang ceria khas millenial. Apa saja?

  • Transparent Silver
  • Slate Grey
  • Peacock Blue
  • Coral Crush

Kalau saya sih suka yang Peacock Blue karena netral tapi kesannya menenangkan hehe. Kalau kamu suka yang warna mana nih? Pilih sesuai dengan karakter kamu ya!

Gimana? Gimana?

Pantaslah jika laptop yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7.599.000, meski minimalis tapi segudang keunggulannya! Haduuu saya aja ngiler banget lho ini. Mau bisikin pak suami dulu ah siapa tahu tertarik juga. Hehe.

Secara lho ASUS ini salah satu perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia. Nggak diragukan lagi lah ya kualitas dari produk-produk yang mereka keluarkan, ya termasuk ASUS Vivobook Ultra A412 yang terbaru ini!

Yuk, segera deh nabung buat meminang si laptop paling mungil dan berwarna di dunia ini!

18 COMMENTS

  1. Nggak bisa ngebayangin super ribetnya para moms blogger kalau tanpa Vivobook Ultra A412… Semoga bisa punya suatu saat nanti. Thanyou mbk ulasanya keren banget buat para ibu dan calon ibu yg produktif.

  2. Keren ya mbak laptopnya. Aku pengen banget yg ini tapi belum sanggup dan akhirnya beli seri sebelum ini. Wkwkwk
    Beda dikit sih tapi mirip

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here