Pandemi Covid-19 belum juga berlalu di Indonesia. Bahkan beberapa waktu terakhir, kondisinya justru memburuk. Sedih rasanya tiap hari membaca berita jumlah orang yang terjangkit virus bandel ini malah makin banyak.

Di sisi ekonomi, pandemi ini membawa dampak yang tak kalah serius. Dari berita di televisi, media sosial, sampai obrolan warung kopi, tak sedikit yang menyampaikan gelombang PHK. Banyak pelaku usaha yang menutup bisnisnya karena rugi.

Saya dan keluarga pun mengalami dampak pandemi ini. Seperti yang dialami oleh kebanyakan orang, usaha yang dijalankan suami di bidang website dan layanan konten digital nggak berjalan lancar sejak pandemi Covid-19 melanda.

Saya bersyukur banget, di saat banyak orang kehilangan pekerjaan, saya justru mendapatkan pekerjaan baru. Saat saya mulai mengajar, suami sendirian mulai merintis kembali usahanya di kota pahlawan, membuka jasa pembuatan website dan konten media sosial.

Nah… Sebulan terakhir kami juga mencoba merintis usaha minuman. Di Surabaya yang panasnya benar-benar nggak nyantai ini, kami melirik usaha es kelapa muda alias es degan. Berbekal modal tak seberapa, kami menyewa sebuah stand di beranda rumah makan di bilangan Kampus Unesa.

Setelah berjam-jam melototin channel-channel kuliner di youtube sebagai bekal bereksperimen bikin racikan es kelapa muda aneka varian rasa, kami memberanikan diri membuka lapak. Suami bikin materi branding sendiri mulai dari menyusun nama, bikin logo, sampai mendesain kemasan. Tak ketinggalan rajin-rajin bikin konten promosi di Facebook, Instagram, dan Twitter. Syukurlah, usaha ini bisa jalan selama sebulan terakhir.

Di masa-masa pandemi ini kami memegang prinsip: kalau coba membuka satu pintu rejeki, pintu rejeki yang sebelumnya sudah terbuka sebisa mungkin jangan ditutup. Maka ketika usaha minuman ini dimulai, pekerjaan kami berdua tetap mesti berjalan.

Di masa-masa pandemi ini kami memegang prinsip: kalau coba membuka satu pintu rejeki, pintu rejeki yang sebelumnya sudah terbuka sebisa mungkin jangan ditutup.

Saya mengajar sedari pagi sampai sore sambil momong si bocah (untungnya sekolah membolehkan para pengajar membawa momongan). Dan di sela-sela waktu berdagang menunggu lapak, suami mengotak-atik hape atau laptopnya, mengerjakan pesanan website dan konten serta berburu klien.

Sebagai pengajar, setiap hari saya mesti browsing, menyusun bahan ajar, membuat laporan, dan aneka tugas guru lain yang membutuhkan laptop. Suami, apalagi. Dia mesti utak-atik website, membuat konten, dan mengikuti kursus online. Pekerjaannya malahan lebih lekat dengan perangkat laptop.

Sayangnya laptop yang kami miliki cuma satu biji. Ini gara-gara laptop suami ketumpahan air dan seketika mati total kurang lebih setengah tahun yang lalu. Makanya kami pakai laptopnya bergantian.

Kadang-kadang kondisi ini merepotkan banget. Kadang laptop dipakai suami ketika saya sedang diburu deadline menyusun materi sekolah. Sebaliknya, pas suami kena tenggat bikin konten, laptop masih saya pakai buat menyusun laporan. Duh, repoot …

Saya dan laptop ASUS VivoBook kesayangan. Si laptop sudah butuh adik baru.

Belum lagi laptop Asus VivoBook Max kesayangan saya sudah hampir penuh kapasitasnya. Maklum, sudah lama jadi senjata kami sehari-hari. Meskipun umurnya lebih tua daripada anak saya, laptop ini awet, bandel banget!

Aahh… andai saja ada satu benda yang bisa memudahkan pekerjaan saya dan suami di hari-hari ini, tentu ia adalah sebuah laptop.

Laptop yang lama biar saya pakai sendiri, kalau punya laptop yang baru biar dipakai suami. Pekerjaannya membutuhkan laptop yang lebih mumpuni baik untuk menggarap website, membuat konten grafis, maupun untuk mengolah data yang butuh kapasitas lebih besar.

Sebagai ASUSmania saya iseng-iseng buka website official-nya ASUS, nih. Terus nemu kalau ada produk ASUS yang kece banget namanya ASUS VivoBook 15 A516. Jujur aja, habis baca-baca spesifikasi dan review-review-nya, saya kepincut seketika.

SSD terkini, teknologi setara PC modern, 100% Office slengkap dan asli, Intel® Core™ 10th Gen series, dan fitur-fitur keren lainnya.

Kalau nggak percaya, coba deh baca review singkat dari timnya ASUS ini:

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

SSD terkini, teknologi setara PC modern, 100% Office lengkap dan asli seumur hidup, Intel® Core™ 10th Gen series, dan fitur keren seterusnya… dan seterusnya… Gimana nggak keren, coba?

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan kita selalu memiliki akses ke fitur yang disukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kita.

Jadi ASUS VivoBook 15 A516 ini cocok banget buat kebutuhan bekerja ataupun nge-game: kinerjanya oke, visualnya nggak kalah kece.

Tren laptop saat ini memang tampil dengan layar monitor yang lapang untuk memenuhi kebutuhan para pekerja grafis lebih lega bekerja, atau para gamers yang merasakan sensasi visual yang lebih optimal. Nah, ini laptop sudah mumpuni banget buat perkakas suami bikin website, bikin grafis, atau ngedit konten instagram. Soalnya selain dengan layar super lebar 15 inchi, didukung pula oleh prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330.

Fakta bahwa pada laptop ini sudah ditanamkan Office Home & Student 2019 100% asli dan terus mendapatkan pembaruan tentu meringankan kita yang pengen memiliki aplikasi office yang orisinil. Nggak perlu keluar duit sudah dapat aplikasi ori. Di masa-masa pandemi begini memang mesti berhemat, kan?

Huaaa… baru baca ini aja sudah kebayang kerennya, kan? Kalau kata anak otomotif, dapur pacu laptop ini sudah mewah banget di kelasnya.

Rasio layar dengan body 83%. Ukuran layarnya 15,6 inchi. Sudut tampilan alias wide viewing angle-nya sampai 178°.

 

Kalau kata anak otomotif, dapur pacu laptop ini sudah mewah banget di kelasnya.

RAM 8GB tentu sudah cukup besar untuk dipakai buat pekerjaan apapun. Mau ngetik, mau nge-grafis, sepertinya bisa enteng. Dan kartu grafis MX330 dari pabrikan NVIDIA® bikin performa laptop ini makin bertenaga.

Soal desain penyimpanan data, ASUS sudah bikin opsi dobel. Kita bisa memilih SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB. Jadi kalau mau garap kerjaan ketik atau baca data bisa dibawa ngebut, menyimpan data super besar juga nggak bikin kalang kabut.

Hmmm… jadi kebayang data-data yang masih berserakan di flash disk gara-gara nggak muat disimpan di laptop.

Soal desain penyimpanan data, ASUS sudah bikin opsi dobel. Kita bisa memilih SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB.

Saya jadi paham kenapa ASUS menyediakan dua pilihan penyimpanan itu. Jadi kalau mau menikmati aneka macam aplikasi, kita bisa install di SSD. Tapi kalau mau menyimpan foto high res, video, atau musik yang biasa dipakai buat suami bikin konten website, bisa ditaruh di HDD. Bener-bener win win solution banget pokoknya!

Salah satu kendala saya kalau lagi ngelaptop adalah ini mata nggak bisa tahan berjam-jam di depan monitor. Maklum, mata saya minus. Suami juga akhir-akhir ini suka ngeluh matanya sering perih kalau berlama-lama melototin monitor. Makanya pas baca kalau ASUS VivoBook 15 A516 sudah pakai teknologi NanoEdge Display, saya makin mantab jadikan laptop ini perkakas idaman.

Kalau ada yang belum paham, saya mau sedikit jelaskan teknologi ini. Jadi kalau monitor sudah pakai NanoEdge display, artinya  makin banyak bezel (istilah untuk frame pada bagian luar perangkat laptop) yang masuk ke dalam sasis yang makin langsing. Gampangnya, nih, pemakai laptop bakal makin dimanjakan dengan kualitas ketajaman gambar dan kekayaan warna.

Bukan itu saja. Salah satu fasilitas yang ada di teknologi NanoEdge Display kepunyaan ASUS VivoBook 15 A516 ini adalah lapisan anti-silau matte. Catet, ya… anti-silau alias anti-glare. Ini sih bisa bikin makin betah di depan laptop tapi nggak bikin mata jadi perih.

ASUS VivoBook 15 A516 ini punya ukuran 15,6” full high definition (FHD). Luasan layarnya gede banget, 83% kalau dibandingkan dengan keseluruhan body. Dan wide viewing angle sampai 1780

Itu baru teknologi display-nya, ya. Kalau dari dimensi layarnya, si ASUS VivoBook 15 A516 ini punya ukuran 15,6” full high definition (FHD). Luasan layarnya gede banget, 83% kalau dibandingkan dengan keseluruhan body. Dan wide viewing angle sampai 1780 (nonton drakor jejeran 5 orang yang paling ujung kayaknya masih nangkep, hehe…)

Kalian sudah pasti tahu kalau ASUS dikenal jadi laptopnya anak muda. Kesannya bisa dipakai kerja di mana saja, tetap gesit, tapi juga stylish. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini juga makin meneguhkan kesan itu.

Itu karena dengan ukuran yang lebar, bobotnya yang cuma 1,8 kg, enteng dibawa ke mana-mana.

ASUS VivoBook 15 A516 punya dua pilihan warna yang kece dan stylish.

Pilihan warnanya nggak kalah keren, dong! Kita bisa memilih antara Transparent Silver dan Slate Grey. Kalau kata suami, sih, yang Slate Grey kelihatan kokoh dan manly.

Teknologi keyboard3 full-size dengan backlit pada laptop ini sempurna buat kalian yang suka bekerja di lingkungan yang minim cahaya

Sekarang soal keyboard, nih. Kan ada tuh yang biasanya suka kerja di ruangan yang lampunya diredupkan atau bahkan dimatikan. Nah, kalau pakai si ASUS VivoBook 15 A516, mau lampu kamar redup atau dimatiin kita betul-betul nggak perlu khawatir.

Soalnya teknologi keyboard3 full-size dengan backlit pada laptop ini sempurna buat kalian yang suka bekerja di lingkungan yang minim cahaya. Semua touch pad bisa menyala dalam gelap. Didesain secara ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dan key travel 1,4 mm bikin pengalaman mengetik kita makin nyaman. Duh, ngetik di laptop ASUS lawas ini aja enak banget, apalagi yang desainnya sudah baru ini, ya. Hmmm …

Teknologi keyboard3 full-size dengan backlit bikin semua sisi touch pad bercahaya. Jadi bisa tetap bekerja meskipun kita ada di dalam ruangan gelap atau minim cahaya.

ASUS VivoBook 15 A516 ini sudah dilengkapi port USB-C® 3.2. Jadi laptop didesain dapat diputar balik yang membuat menghubungkan perangkat semudah mungkin.

Kayaknya ASUS betul-betul memperhatikan kecepatan akses data. Memang sih, sekarang lagi jamannya kerja kapan saja di mana saja. Maunya kita, kan, kapan saja di mana saja tinggal colokin laptop. Hehe…

Nah… di seri ASUS VivoBook 15 A516 ini sudah dilengkapi port USB-C® 3.2. Jadi laptop didesain dapat diputar balik yang membuat menghubungkan perangkat semudah mungkin.

Teknologi ini juga bikin kecepatan transfer data sampai 10 kali lebih cepat dari koneksi USB 2.0 yang lama. Inget, ya… 10 kali!

Nggak perlu khawatir, semua jenis fasilitas colokan kayaknya sudah ditanamkan di laptop ini.

Ini juga mencakup port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan micro-SD reader. Jadi nggak perlu khawatir lagi kalau mau menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor. Semua disediakan dan lagi-lagi tinggal colok. Hehe…

Oke, kalau yang satu ini nggak kalah penting: ASUS VivoBook 15 A516 punya fitur peredam guncangan E-A-R® HDD. Buat yang laptopnya diisi data-data super penting, fitur ini bisa banget buat melindungi perangkat dari setiap benturan.

Memang laptop yang pakai HDD lebih rentan mengalami kerusakan fisik dibandingkan yang cuma pakai SSD. Jadi pelindungnya juga mesti didesain lebih aman.

ASUS VivoBook 15 A516 punya fitur peredam guncangan E-A-R® HDD. Buat yang laptopnya diisi data-data super penting, fitur ini bisa banget buat melindungi perangkat dari setiap benturan.

Bayangin kalau kena deadline kerjaan, sementara kita sedang perjalanan di dalam kereta, bis, atau mobil. Maunya buka laptop tapi khawatir kendaraan ngerem mendadak terus laptop bisa-bisa kepentok sisi jok mobil yang keras. Horor, kan? Tapi Kalau pakai teknologi peredam guncangan E-A-R® HDD, skenario mengerikan tadi kayaknya sudah nggak perlu ditakutkan.

O,ya… sasis ASUS VivoBook 15 A516 juga diperkuat pakai penahan logam di bawah keyboard. Kalau mau mengetik, nggak usah khawatir tuh hentakan jari kekencengan terus keyboard cepet rusak. Hehehe…

Fungsi lainnya, sasis yang kuat bikin engsel makin kuat. Jadi kalau mau membuka atau menutup laptop juga nyaman. Ibaratnya, kalau mau menutup laptop tinggal sekali sentuhan enteng saja.

Sekarang giliran keamanan login, nih. Jaman sekarang memang keamanan data jadi pertimbangan super penting. Nggak mau, kan, tiba-tiba ada yang iseng buka laptop kita terus mantengin isinya tanpa ijin. Pokoknya jangan, deh!

Jadi kalau mau buka si ASUS VivoBook 15 A516, pakai saja sensor sidik jari bawaan di touch pad atau di Windows Hello. Just touch to log in!

Semua laptop memang sudah difasilitasi pengunci. Tapi kalau mau lebih simpel cara mainnya, laptop ASUS VivoBook 15 A516 bisa dikunci pakai teknologi fingerprint censor. Makin keren, kan?

Jadi kalau mau buka si ASUS VivoBook 15 A516, pakai saja sensor sidik jari bawaan di touch pad atau di Windows Hello. Buat yang suka lupa password laptopnya sendiri, ini bikin gampang banget. Just touch to log in!

Cuma pakai sekali sentuhan jari, teknologi fingerprint censor akan mengenali sidik jari bawaan. Bisa dengan mudah membuka kuncian laptop alias bisa langsung log in.

Sudah, belum? Ya belum, lah!

Buat ASUSmania, tentu saja ASUS VivoBook 15 A516 sudah dilengkapi dengan MyASUS. Platform bawaan yang bikin ASUSmania gampang buat mengakses aneka aplikasi yang membantu kita memaksimalkan laptop atau PC desktop Anda. Tentu saja ada banyak banget unduhan aplikasi populer (yang gratis juga banyak hehe) dan penawaran eksklusif buat ASUSmania!

Soal harga, ASUS VivoBook 15 A516 dipatok dengan harga yang menarik banget. Ada 8 pilihan tergantung dengan pilihan prosesor, RAM, kapasitas penyimpanan, serta kualitas layar monitor.

Dengan semua fasilitas yang ditanamkan di seri ini, harga ASUS A516 termasuk worthed banget, lho.

Yang paling ekonomis, dengan fasilitas Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/HD/Office Pre-installed), ASUS mematok harga Rp 5.299.000.

sebagai laptop entri level dengan berbagai fasilitas yang mumpuni seperti di atas, harga ASUS VivoBook 15 A516 boleh dibilang layak beli alias worthed banget!

Sedangkan yang paling tinggi spesifikasi di seri ini, yakni dengan fasilitas Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/8G/1TB+256G PCIE/VIPS FHD/Office Pre-installed, dipatok pada harga Rp 11.099.000. Jujur saja, sebagai laptop entri level dengan berbagai fasilitas yang mumpuni seperti di atas, harga ASUS VivoBook 15 A516 boleh dibilang layak beli alias worthed banget!

Dengan segala macam keunggulannya, ASUS VivoBook 15 A516 sudah pasti bikin kepincut siapapun yang lagi cari laptop entri level.

Duh, nge-review laptop ASUS VivoBook 15 A516 bener-bener bikin saya makin kesengsem. Sudah nggak sabar rasanya punya satu lagi laptop yang bisa dibikin senjata andalan suami buat cari rejeki. Semoga lekas punya si ASUS VivoBook 15 A516 ini dan nggak lupa pandemi Covid-19 lekas pergi.

 

 

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 15 A516

Main Spec. ASUS VivoBook 15 (A516)
CPU Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
OS Windows 10
Memory Up to 8GB DDR4 RAM
Storage 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Display 15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare
15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare
Graphics NVIDIA® MX330
Intel UHD Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera VGA Web Camera
Connectivity Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight 1,8 Kg
Colors Transparent Silver, Slate Grey
Included Software: ASUS Splendid, ASUS Tru2life Video, ASUS AudioWizard
Warranty 2 tahun garansi global

 

  • Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com
  • Referensi dan Foto-foto produk diambil dari https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/ASUS-A516/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here