Dulu waktu zaman saya masih single, mau travelling ke mana aja nggak perlu dipikir terlalu serius. Maksudnya, saya santai aja gitu. Bahkan, kalau perginya bareng teman-teman nggak pakai rencana langsung cuuussss.. hayuk aja. Sebab seringkali yang terencana itu ujung-ujungnya cuman wacana. Iya kan? Hahaha. Malahan saya pernah main ke pantai di daerah Malang Selatan yang ternyata memakan perjalanan selama tiga jam nekat naik motor! Gila nggak tuh. Atau, suatu kali ke Jakarta naik kereta ekonomi -yang kala itu masih amburadul sistemnya- dengan gerbong yang isinya berdesak-desakan ditambah berdiri selama delapan jam! Jelas dong demi tiket murah! Haha.

Nah, sekarang setelah berkeluarga apalagi sudah punya ‘buntut’ alias anak wooo jelas tidak bisa menggunakan cara-cara di atas. Bisa kacau buk! Tentu saja ada banyak yang harus diperhatikan saat traveling bersama keluarga , mulai dari jarak, biaya, hingga kelengkapan fasilitas yang membuat setiap anggota keluarga merasa nyaman.

Kalau jaraknya dekat saya lebih suka memilih transpor darat seperti kereta. Tapi, kalau sudah jauh lintas pulau misalnya atau bahkan luar negeri, pesawat adalah pilihan yang nyaman. That’s why bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah itu surga banget nggak sih buibu? Hehe.

Selain keliling Indonesia, negara-negara tetangga juga pengen banget saya kunjungi. Nih, saya kasih intip beberapa negara di Asia yang bisa jadi referensi untuk liburan bareng keluarga:

1. Jepang

Wralr

Sebenernya ini salah satu destinasi impian suami. Well, meski bukan penikmat film-film Jepang atau anime tapi setelah melihat dan membaca beberapa review orang-orang, Jepang bisa menjadi salah satu negara pilihan buat traveling bareng keluarga. Ada spot oke yang bisa dikunjungi khususnya untuk anak-anak misalnya, Tokyo Disney Sea dan Tokyo Disneyland. Bisa juga lho mengunjungi Nagano karena harga tiket pesawat murah masuk dalam anggaran liburan.

Di sini, kita bisa merasakan musim dingin yang tertutup salju. Buat anak-anak, mereka bisa puas bermain ski atau snowboarding, sedangkan untuk anggota keluarga yang lebih dewasa bisa bersantai dan menghangatkan diri di pemandian air panas Shibu Onsen.

2.Thailand

www.tourismthailand.org

 Thailand termasuk negara tujuan wisata yang family-friendly. Siam Ocean World salah satu tempat favorit di mana anak-anak bisa berenang bersama ikan hiu atau melihatnya dari terowongan kaca yang ada di bawahnya. Ada juga Samphran Elephant and Crocodile Farm yang menyajikan habitat asli binatang-binatang liar ini.

Selain Bangkok, Chiang Mai juga menawarkan harga tiket pesawat murah untuk yang mau liburan bernuansa alam bersama keluarga. Ajak mereka ke Tiger Kingdom, yang memberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan harimau yang sudah terlatih dan cukup jinak, tapi tetap waspada dan hati-hati, ya.

3.Singapura

Merdeka

 Ada banyak alasan untuk menjadikan Singapura sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Area wilayahnya yang cukup kecil membuatmu bisa mempersingkat waktu yang digunakan untuk mengunjungi ikon-ikon negara tetangga ini. Selain itu, Singapura juga menawarkan berbagai atraksi wisata seru buat anak-anak. Mulai dari Sentosa Island, Universal Studio Singapore, Singapore Flyer, hingga Sea World.

4.Malaysia

Metro

 Kuala Lumpur nggak hanya punya Menara Kembar petronas yang jadi ikon foto wajib saat berkunjung ke Malaysia. Ada juga Petrosains, Aquarium, Berjaya Times Square, dan Sunway laggon yang merupakan spot wisata ramah anak.

Selain itu, juga bisa melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru, tempat berdirinya Legoland dan Sanrio Hello Kitty Town. Untuk makanan, cita rasanya yang mirip dengan sajian Indonesia bikin anggota keluarga lebih mudah beradaptasi dan ketagihan.

5.Korea Selatan

National Geographic Indonesia

Selain jadi destinasi wisata impian para remaja, terutama pecinta drakor, Korea Selatan bisa jadi negara favorit untuk liburan keluarga. Mulai dari anak-anak hingga dewasa sama-sama bisa bersenang-senang di Lotte World dan Gyeongbokung Palace. Jangan lupa berfoto dengan busana tradisionalnya yang ikonik, ya.

Nah, kalau buibu negara mana yang kira-kira cocok dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga? Nggak perlu bingung, karena kini tersedia harga tiket pesawat murah yang dapat mengantarkanmu ke destinasi pilihan. Yuuuk cuuusss dicek ya!

 

 

 

 

3 COMMENTS

  1. 5-5 nya bagus memang utk liburan bareng keluarga. Anakku cuma blm prnh aku ajak ke thailand dari semuanya. Kapan2 pasti aku ajak kesana. Biasanya kalo mereka ulang tahun aku ga prnh ksh kado. Tapi yg aku tawarin, mau ke negara mana liburan selanjutnya. Dan selalunya mereka pilih negara 4 musim yg ada salju :p.

    Aku sendiri dari 5 negara itu paking suka jepang, yg kedua thailand. Tapi kota favoritku bukan bangkok, melainkan Chiang rai. Krn lokasinya tinggi, sejuk bangettt, dan segalanya serba murah, even lbh murah drpd bangkok 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here