Baca-baca berita tentang Covid-19 hari ini rasanya ada banyak yang mesti disyukuri. Angka-angka positif dan kematian terus menurun. Aturan PPKM yang berbulan-bulan ditetapkan di banyak kota juga sudah mulai dilonggarkan. Lokasi-lokasi perbelanjaan, ibadah, dan wisata juga sudah mulai dibuka. Alhamdulillah banget, ya …

Salah satu keinginan saya kalau pandemi sudah reda adalah… travelling. Belum tahu ke mana, pokoknya travelling aja. Sendirian oke, rame-rame juga oke.

Semenjak punya rutinitas mengajar, frekuensi traveling memang berkurang banget… nget… nget. Boro-boro mau travelling, kalau week end tiba rasanya badan enggak pengen pisah sama yang namanya kasur. Hahaha…

Apalagi kalau ingat pas lagi rame-ramenya kasus Covid-19 kemarin-kemarin. Serem kalau mesti keluar rumah apalagi ke tempat umum.

Nah, setelah aturan bepergian mulai dilonggarkan, ternyata eh ternyata beberapa guru juga kangen travelling, nih. Pengennya sih di luar kota. Ngadem sebentar dari Surabaya yang super panas. Hehe…

Sebagai orang yang punya ide mau travelling, saya inisiatif tuh cari cari armada bus. Soalnya yang mau ikut traveling ternyata lumayan banyak. Kalau pakai mobil enggak bakalan muat.

Sebetulnya kalau asal cari bus yang bisa disewa, sih, gampang. Tapi jujur saja masih khawatir soal proteksi covid dari si pemilik armadanya.

Bus rutin dibersihin nggak, ya? Drivernya disiplin pakai masker nggak, tuh? Disediakan hand sanitizer juga, kan? Dan lain lain?

Terus saya seluncuran ke internet cari armada bus yang dijamin aman dan oke punya. Dan… ketemu dengan aplikasi yang namanya TRAC To Go. Jujur, ya, ini baru pertama kali tahu ada aplikasi yang bikin kita gampang kalau mau sewa bus. Haha…

Sepintas sih keren banget ini aplikasi. Tentu adanya aplikasi begini bisa meminimalisir kontak kalau mau memesan kendaraan ataupun transaksi lainnya. Tapi karena baru pertama, saya enggak akan gampang main pesan.

Saya baca semua fitur dan review-review dari customernya. So far review-nya so far bagus-bagus dan fitur layanannya keren. Saya mau tulis di sini, ya, kali aja temen-temen ada yang butuh jasa sewa kendaraan juga.

Jadi TRAC ini ternyata sudah berdiri sejak 1986 (tuaan dia ketimbang saya). TRAC merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan merupakan bagian dari keluarga Astra, yang bergerak dibidang layanan solusi transportasi. Sejak awal memang bisnisnya di jasa rental kendaraan seperti mobil, motor, dan bus.

Jadi, sejak awal pandemi Covid-19, TRAC sudah menerapkan yang namanya SMART Protocol. Setiap unit kendaraan akan dilakukan penyemprotan rutin dengan disinfektan sebelum dan sesudah digunakan.

TRAC juga memastikan pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan dan mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan, menyediakan hand sanitizer untuk petugas dan penumpang, hingga menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

Buat yang berencana bepergian terus masih bingung mau pakai armada apa, coba deh download dan install aplikasi TRAC To Go. Udah aplikasinya simpel, tampilannya oke, juga bikin kita gampang merencanakan traveling atau mau work trip.

Adanya aplikasi TRAC sudah tentu bikin gampang dan aman kalau mau reservasi armada. Tapi kalau sudah download memang bisa otomatis dapat layanannya? Jangan-jangan lokasi yang ter-cover layanannya cuma sedikit? Enggak perlu khawatir, ya. Jaringan TRAC sudah lebih dari 50 kota di Indonesia. Banyak banget. Cek sendiri, deh, di websitenya kalau enggak percaya.

Di semua armadanya, TRAC juga menerapkan proteksi asuransi dan memberi jaminan kondisi yang prima. Ini, nih, yang bikin customer tenang di jalan. Selain juga dari sisi driver alias pengemudi tetap tertib menjaga protokol kesehatan seperti yang sudah disebutkan tadi.

Inovasi TRAC yang enggak main-main buat memastikan keamanan dan keselamatan adalah integrasi seluruh sistem dengan TRAC Fleet Management Solution. Jadi ini tuh sistem yang dibikin supaya setiap perjalanan bisa terpantau secara akurat sehingga kalau ada kondisi darurat bisa direspon oleh manajemen TRAC secara cepat. Sistem manajemen ini juga dirancang supaya customer bisa mengelola dan mengawasi transportasi dengan mudah. Jadi efisiensi dari aspek transportasi pun dapat tercapai secara maksimal.

Customer juga boleh banget kalau mau menghubungi Customer Assistance Center TRAC 24 jam non-stop di nomer 1500-009. Enggak pengen ribet nelpon? Boleh juga nge-chat di WhatsApp ke nomer (+62)811-1177-087. Kalau mau komplain atau kasih masukan juga bisa lewat email ke rco.nasional@trac.astra.co.id.

Seperti yang sudah saya bilang tadi, dari sisi driver, setiap kali akan bertugas, mereka akan dicek kondisi kesehatannya. Soal masker dan sarung tangan sudah pasti wajib buat mereka. Mereka juga secara ketat diimbau untuk tidak melakukan kontak fisik apapun dengan para penumpang.

Nah, sekarang giliran review macam-macam service dan armadanya si TRAC, nih. Jadi kalau kita lagi ada rencana sama temen-temen sekantor misalnya keluar kota, untuk keperluan kerja atau traveling, kayaknya TRAC ini cocok banget. Sewa kendaraannya bisa harian. Selain punya jaringan di banyak kota, layanan yang ditawarkan juga bagus banget. Ini, nih, contohnya:

Rental Mobil Harian

  • Rental Mobil Lepas Kunci alias Self Drive

Kalau pengen bebas pergi pergi ke mana saja dan nyetir sendiri, layanan ini yang paling cocok. Enggak perlu khawatir, kondisi mobilnya prima dan ada asuransi perjalanan juga. Semua orang bebas memilih paket rental 12 jam atau 24 jam dengan opsi tambahan waktu atau trip keluar kota sesuai keperluan. Fleksibel banget pokoknya.

Reservasi kendaraan buat corporate gampang banget pakai TRAC. Ada banyk pilihan armada dan menjangkau banyak sekali kota-kota di Indonesia.
  • Rental Mobil dengan Pengemudi

Nah, kalau kamu Anda tipe-tipe yang belum bisa nyetir atau bisa nyetir tapi pengennya duduk santai menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan nan memanjakan mata… manfaatin aja sewa mobil dengan layanan pengemudi dari TRAC. Layanan ini sudah termasuk sewa mobil, layanan pengemudi, asuransi perjalanan, biaya bensin, tol, dan parkir, lo.

Enggak perlu khawatir. Pengemudinya andal dan akan menjemput dan mengantarkan sampai ke tujuan. Yang ini malah bisa disewa sesuai kebutuhan waktu. Pilih paket 4 jam atau 12 jam.

Airport Transfer

Siapa yang suka bingung kalau sudah sampai bandara mau naik kendaraan? Hayoo ngaku, deh! Kalau bepergian pakai pesawat, apalagi ke kota yang baru pertama kali disinggahi, kita suka bingung soal begini ini, kan?

Soalnya enggak semua kendaraan boleh masuk bandara. Taksi online juga enggak semua punya akses mengantar jemput ke bandara, lo.

Nah, fitur airport transfer dari TRAC dapat membantu kita untuk mencari kendaraan baik menuju atau dari bandara. Enggak perlu khawatir kalau distop di pintu bandara, soalnya TRAC sudah punya booth resmi di dalam Bandara.

TRAC Bus

Nah, sekarang soal bus, nih. Ini saya mau ulas. Jadi service sewa bus pariwisata pakai TRAC Bus ini pas banget kalau ada kebutuhan transportasi rombongan baik untuk perjalanan di dalam ataupun luar kota, untuk kebutuhan korporasi maupun personal.

Misalnya untuk perjalanan wisata, acara keluarga, trip kantor/sekolah, dan lain-lain. Buat Anda yang butuh jasa antar jemput seperti karyawan, siswa sekolah, layanan TRAC Bus Shuttle pasti cocok banget.

Bisnya bersih, mewah, dan tentu saja dijamin keamanan mesinnya karena terus dipantau oleh para teknisi berpengalaman di TRAC.

Kalau dari yang sudah saya baca sih bus-bus punya TRAC ini oke-oke semua. Bersih, interiornya keren, dan tentu disiplin dirawat. Kalau soal fasilitas keselamatan dan keamanan penumpang paling standar sih TRAC Bus sudah sangat lengkap… kap.

Setiap armada TRAC Bus sudah dilengkapi palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran. Drivernya juga terlatih dan sudah berpengalaman.Setiap seat juga sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Fasilitas lainnya yang enggak kalah keren adalah adanya perangkat karaoke dan pantry, LCD TV, dan tentu saja ada instalasi WIFI buat Anda yang tetep pengen online gratis di dalam bus sepanjang perjalanan.

TRAC Bus menawarkan beragam variasi tipe bus mulai dari small bus, medium, big hingga luxury. Dan dengan pilihan konfigurasi jumlah kursi mulai dari 11 hingga 59 seats.

Mau yang mewah apa yang kecil aja yang penting nyaman?

Nah, kemarin benar-benar jadi pertimbangan ini. Kalau mau pesan bus jangan yang ukuran mini, takut enggak muat. Tapi jangan yang gede juga, khawatir banyak bangku kosong dan sewanya mahal. Kalau sudah lihat fitur punya TRAC ini bakalan fleksibel memilih ukuran bus yang paling pas, nih.

Saat ini layanan Sewa Bus TRAC masih berbasis di Jakarta dan Surabaya. Tapi katanya kemanapun tujuannya sudah bisa dilayani. Bener-bener bikin gampang kalau mau pergi rame-rame, nih.

Tapi ada juga dong bus yang ukuran medium sampai yang besar dengan fasilitas yang enggak diragukan lagi super nyaman.

Buat yang masih di tahapan merencanakan traveling dan belum pasti maunya ke mana, coba deh skrol-skrol fitur TRAC To Go Experience. Ini fitur yang keren banget soalnya kita jadi bisa tahu dan punya pilihan paket wisata yang disediakan masing-masing cabang TRAC yang ada di berbagai kota di Indonesia seperti Bali, Malang, Jogjakarta, dan lain-lain.

Selain itu TRAC To Go Experience juga bekerja sama dengan vendor-vendor terpercaya seperti hotel bintang 4 dan 5, tempat-tempat wisata, serta beberapa spot kuliner yang bagus-bagus pastinya. Nah, makin dibikin gampang, nih, kayaknya.

Coba di aplikasinya nanti sudah kayak one stop service pesan armada, spesifikasi kendaraannya, mau ke mana ditunjukin berapa biayanya, dan buat yang mau wisata juga ada pilihan paketnya.

Dari urusan booking penginapan, biaya bensin dan tol, sampai itinerary di semua spot sudah ada acuannya di fitur ini. Kebayang kalau pakai fitur ini pastinya juga makin mudah bikin estimasi biaya, kan?

Kalau dari yang sudah saya baca-baca, kayaknya memang sudah pas sewa bus pakai TRAC To Go. Teman-teman yang mau ikut travelling kayaknya juga bakalan setuju. Yuk, yang mau traveling dan lagi cari bus kayak saya, klik dan download juga aplikasi TRAC To Go. Sudah ada di Google Play Store maupun di Apps Store.

Oh ya bulan Oktober lagi ada promo pembayaran lho! Bisa pakai AstraPay. Promonya hanya berlangsung dari 4 Oktober – 3 November 2021.

Kalau kamu masih penasaran bisa kunjungi aja https://www.trac.astra.co.id/promo untuk info lebih lanjut dan dapatkan promo menarik lainnya selama periode Oktober 2021

Sudah dulu, ya. Sudah enggak sabar ini kasih kabar ke teman-teman kalau busnya sudah dapat. Tinggal ngobrolin mau ke mana dan ngapain aja. Hehehe …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here