Bagi seorang ibu yang kurang pandai membuat DIY mainan untuk anak (atau lebih tepatnya: mager), mengajak anak bermain outdoor adalah ide yang cukup masuk akal. Maka taman bermain adalah tempat favorit Akmal selain di halaman rumah.

Hampir setiap hari saya mengajak Akmal membebaskannya bermain di taman bermain entah yang jaraknya hanya sepelemparan batu dari rumah atau yang menempuh jarak agak jauh. Selama nggak hujan saya ayok aja mengajaknya.

Dalam konteks di sini adalah taman bermain fasilitas publik yang disediakan oleh pemkot Malang ya. Bukan playground yang di mall-mall itu hehe.

Kenapa?

Ya karena tidak perlu merogoh kocek lebih hehehe. Cukup membayar parkir dua ribu rupiah, Akmal bisa puas senang-senang di taman dan isi dompet bunda juga aman haha. Bila mau lebih hemat , bawa bekal dari rumah, jadi ya nggak jajan lagi.

Sepakat banget soal: bahagia bisa datang dari hal-hal sederhana, asal kita nggak membanding-bandingkan standar bahagia kita dengan orang lain. 

Melihat Akmal bisa ketawa ngakak saat bermain ayunan bareng temennya di taman saja sudah membuat hati hangat. Bahkan saat masuk pintu taman Akmal sudah bersorak kegirangan,

“Ayook bundaa..itu main ayunan yok nda! Iiih…aku seneng”, membuat saya tersenyum simpul.

Dan senang sekali di Malang cukup banyak taman bermain yang konsepnya sangat ramah untuk keluarga. Berikut ini beberapa rekomendasi taman bermain di Malang langganan saya mengajak Akmal:

1. Taman Cerdas Trunojoyo

Lokasinya tepat bersebrangan dengan stasiun kota baru Malang. Dari rumah saya (daerah Sawojajar) jaraknya sekitar empat kilometer. Tidak terlalu jauh, sekiranya hanya 12 menit ke sini.

Taman ini dilengkapi beberapa permainan untuk anak, seperti perosotan, ayunan, jungkat jungkit, dan semacam jaring-jaring (apa ya namanya hehe).

banyak pohon rindang untuk berteduh
ada air mancur spot favorit anak-anak

Selain itu disediakan juga ruang baca di dekat pintu masuk. Buku-bukunya pun beragam, mulai dari komik, novel, buku cerita anak, politik, ada juga beberapa majalah dan koran.

Akmal suka sekali ngendon di pojok ini. Hampir semua buku minta dibacain haha. Saya biasanya baca korannya aja, lumayan buat update berita lokal maupun nasional. Selain itu tersedia wifi juga di sini. FREE haha.

ruang baca di Taman Trunojoyo

Sukanya dari taman Trunojoyo karena tempatnya teduh banget, Dipenuhi pohon-pohon yang rindang. Ada pula air mancur yang jadi tempat favorit anak-anak main air. Hanya saja air mancur ini nggak selalu menyala, jam-jam tertentu saja.

Kalau lagi dekat-dekat stasiun Malang mampir ke sini deh.

2. Alun-alun Kota Malang

Zaman kuliah dulu paling males banget ke tempat ini, meski ini salah satu yang iconic di Malang. Kotor, nggak tertata dengan rapi dan banyak banget yang pacaran..sebel aja hehe.

Fasilitas mainan di Alun-alun Malang

Eh sepuluh tahun kemudian setelah menikah dan punya anak, alun-alun Malang ini malah jadi taman kota favorit.

Taman kota yang bersebrangan sama Masjid Agung Jami’ ini menyediakan playground anak. Mainannya pun mirip seperti yang ada di mall-mall. Selain itu ada pula fasilitas olahraga buat ngegym. Penataannya pun jauh lebih rapi dan bersih dibanding sepuluh tahun lalu. Dan juga disediakan WIFI GRATIS (PENTING!) haha.

Bisa main sama burung merpati juga. Burung merpatinya disediakan sarang khusus.

Selain itu ada pula jogging track dan beberapa spot cantik untuk foto-foto hehehe.

Masuk ke sini mah nggak bayar. Paling hanya parkir aja.

Di sekitar alun-alun juga banyak kuliner legend di Malang yang wajib kamu cobain. Seperti es krim di Toko Oen, Rawon Nguling, Rumah Makan Inggil, Ronde Titoni, Putu Lanang, dan masih banyak lagi.

3. Merbabu Family Park

Lokasinya nggak terlalu jauh dari pusat kota. Taman yang berada di jalan Merbabu ini dekat banget sama Hutan Kota Malabar, Malang. Taman ini sebenarnya bentuk CSR pemkot Malang dengan PT Beiersdorf Indonesia. Makanya di setiap sudut ada plang bertuliskan “NIVEA Cares for Family”.

Meski luasnya nggak seluas taman Trunojoyo atau Alun-alun Malang tapi Merbabu Family Park ini cukup asyik buat tempat bermain anak-anak. Dilengkapi berbagai fasilitas seperti beberapa mainan anak, lapangan mini futsal, fasilitas untuk ngegym dan tentu saja FREE WIFI.

Cuman sayangnya sih beberapa mainan di sini kurang terawat. Meski tempatnya sejuk dan nyaman buat berteduh, beberapa mainan anak-anak sudah mulai karatan.

Sama seperti dua taman sebelumnya, Merbabu Family Park masuknya nggak bayar. Cuman bayar parkir aja.

4. Kebun Bibit Mojolangu

Taman yang jaraknya sembilan kilometer dari rumah ini lokasinya di Jalan Ikan Tombro, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Memang sih agak jauh dari taman-taman yang disebutkan di atas. Ke sini membutuhkan jarak sekitar sembilan kilometer dari rumah.

Lokasinya ada di dalam pemukiman warga. Cuman di sini mainan anak-anaknya nggak seberapa banyak. Hanya ada dua ayunan dan perosotan yang hampir rusak hehehe.

Spot latihan skateboard

Oya pohon-pohonnya juga nggak seberapa banyak jadi kalau udah jam 10 ke atas panas banget. Tapi disediakan beberapa gazebo. Sambil makan bekal dari rumah ngadem di gazebo deh.

Akmal suka ke sini karena ada arena skateboardnya. Dia seneng banget melihat kakak-kakak latihan skate dan sepeda BMX. Lapangannya juga luas, jadi selalu bawa bola ke sini. Puas lari-larian dan main bola.

5. Taman Jajan Al Fatih

Berbeda dengan taman-taman yang disebutkan sebelumnya, Taman Jajan Al Fatih ini pakai tiket masuk kalau mau main.

Pas weekday biayanya 15 ribu rupiah, sementara pas weekend dikenakan 20 ribu rupiah. Tiket ini terbilang murah sih dibanding playgorund yang ada di mall. Tiket segitu bisa dipakai sepuasnya, sampe anaknya capek dan bosen hehe.

Taman Jajan Al Fatih memiliki dua tempat. Yang pertama di jalan Maninjau Raya No.169 dan yang satunya di jalan Melati No.10.

Saya sih paling sering mengajak Akmal yang di jalan Maninjau Raya No.169 karena ke sana cuman lima menit dari rumah hahaha.

Taman ini konsepnya mirip playground yang ada di mall. Ada pujaseranya juga. Di sini tersedia tiga jenis arena bermain. Ada kolam pancing ikan, mainan pengasah motorik halus macam balok, puzzle, lego dan sejenisnya, lalu ada lagi mainan yang mengasah motorik kasar yakni prosotan dan mini panjat tebing.

beberapa gerai makanan yang tersedia di taman jajan Al Fatih

Di taman ini juga bisa disewakan untuk mengadakan event-event lho. Mulai workshop, talkshow atau macam bebikinan begitu. Komplit!

Oya bukanya mulai dari jam 08.00-22.00 WIB. Kalau dekat-dekat sini mampir dong! Hehe. Pas banget ngajak keluarga nongkrong di sini. Murah meriah hehehe.

Kalau bunda-bunda dari sekian taman yang saya sebutkan sudah pernah ke mana aja nih?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here