Salah satu kegelisahan konsumen online shop dan juga penjual adalah lamanya pengiriman paket, terutama untuk yang beda kota. Kadang dikirim hari ini, eh baru bisa sampai dua atau tiga hari kemudian. Apalagi jika paketnya itu berupa makanan yang mudah busuk. Sudah lama pengirimannya, nggak bisa dimakan pula kalau sudah tiba. Kan sedih yak 🙁 . Siapa nih yang pernah begini?

Nah, kegelisahan itu dijawab sama PaxelWah, apaan tuh?

Jadi, Paxel adalah sebuah perusahaan jasa pengiriman. Beruntung saya bisa kenalan sama Paxel saat gathering blogger di Coworking Space Satu Atap Surabaya Kamis (14/2) kemarin. “Kita menjawab problem pasar. Salah satu permintaan konsumen maunya barang datang cepat. Maka hadirlah Paxel,” ujar Djauhari Zein Executive Advisor Paxel.

Menurut Djauhari layanan ekspedisi makin menjamur namun tidak diimbangi beberapa hal. Misalnya, kualitas pengemasan barang. Kerapkali beberapa layanan delivery mengemas barang ala kadarnya. Hal ini pernah terjadi saat saya mengirim sepatu dagangan ke luar kota.

Djauhari Zein Executive Advisor Paxel, saat memberikan keterangan mengenai filosofi Paxel.

Setelah sampai di tangan customer saya mendapat komplain Dia mengirim bukti foto paket yang kotaknya telah rusak dan hampir hancur. Pesan pendek yang lugas dan nyelekit dari customer jelas membuat shocked. Pasalnya, saya menggunakan jasa pengiriman yang sudah lama berkecimpung di dunia logistik. Namun, keinginan agar barang mendarat dengan selamat malah di luar ekspektasi. Hal tersebut membuat saya trauma meggunakan layanan ekspedisi dari perusahaan tersebut.

Kelebihan Paxel

Sistem Sameday

Hadirnya Paxel membawa angin segar bagi mereka pengguna layanan jasa pengiriman barang yang pengennya cepat, rapi dan profesional. Perusahaan ini mengedepankan layanan barang cepat dengan sistem sameday. Antar hari ini sampainya pun hari itu pula. Jadi, kalau mau kirim barang antar kota, misalnya Surabaya-Jakarta akan sampai pada hari yang sama.

Packaging Rapi

Yang unik dari Paxel salah satunya terlihat langsung di packagingnya. Setiap paket akan dibungkus rapi dengan balutan kertas dan isolasi ungu, khas warna Paxel. Selain itu ada kutipan-kutipan menarik yang disisipkan dalam kemasan paket kita. Menariknya, setiap kali kita mengirim paket dengan ala kadarnya, tim kurir Paxel akan dengan cekatan membungkus menggunakan kotak. Sehingga pengirim tak perlu cemas dengan kondisi barangnya nanti.

Harga Flat

Penentuan harga tidak berdasar jarak maupun berat paket. Namun berdasar ukuran paket yang akan kita kirim. Di aplikasi Paxel sendiri nantinya ada beberapa pilihan untuk jenis paket yang akan dikirim. Mau kirim sepatu, baju, kamera bahkan frozen food akan ada kategorisasi dimensi sendiri. Yakni ada ukuran small, large dan medium. 

Ada Tambahan Saldo Referral

Saat kamu mengunduh aplikasi Paxel dan ada temanmu yang juga mengunduhnya dengan memasukkan kode nama referralmu, maka nanti saldomu akan bertambah Rp 50.00. Lumayan kan untuk pengiriman paket selanjutnya bisa gratisan hehe.

Tidak Ada Cancel (Selama Area Masih Terjangkau Kurir)

Pernah sebel sih gegara saat saya pesan makanan lalu di cancel sama drivernya lantaran hujan deras dan jarak rumah saya jauh. Nah, di Paxel ini meski kondisi gimana pun tidak ada tuh yang namanya cancel. Bahkan jika si kurirnya datang terlambat maka saldo kita akan dikembalikan.

Selain nilai-nilai yang menguntungkan untuk konsumen tersebut, Djauhari menungkapkan Paxel juga memberikan nilai berhaga bagi para Hapiness Hero, sebutan untuk kurir mereka. Di Paxel, para Hero yang paling banyak berjasa demi barang cepat sampai. Sehingga mereka diberi kesempatan untuk belajar agar tidak sekadar menjadi pengantar barang tapi juga dididik kelak agar bisa mnejadi seorang entrepreneur. “Saya ingin membangun karyawan yg kelak bisa berdaya juga jadi entrepreneur dan profesional,” ujar Djauhari

Hero adalah sebutan kurir di Paxel. Ciri khas mereka memakai atribut jaket ungu kuning agar mudah dikenali.

Meski menawarkan beberapa kelebihan, namun tentu ada pula kekurangan dari Paxel ini. Diantaranya;

Kekurangan Paxel

Belum Menjangkau Semua Area

Paxel memang terbilang perusahaan ekspedisi baru. Sehingga masih menjangkau area tertentu seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta dan Denpasar. Makanya pas saya coba di daerah Sidoarjo kemarin si aplikasinya menolak huhu. Saya sih berharap semoga kelak Paxel melebarkan ekspansinya ke seluruh daerah di Indonesai. Lumayan banget lho kalau pengiriman ke luar kota bisa menghemat waktu. Sangat cocok untuk mereka yang punya online shop. 

order saya belum menjangkau area Sidoarjo

Bagaimana Penggunaan Paxel?

Sebenarnya mudah saja. Yang paling utama tentu saja install terlebih dahulu aplikasi Paxel di Google Playstore. Jika sudah unduh, bisa mengikuti step by step di bawah ini ya:

  1. Klik create shipment pada pojok kanan bawah di aplikasi. Lalu, masukkan alamat lengkap pengirim dan penerima. Jangan lupa ya masukkan kode pos alamat penerima. Dan pastikan alamat penerima maupun pengirim sudah terjangkau kurir Paxel.
  2. Pilih ukuran paket yang akan dikirim. Di aplikasi ada beberapa pilihan small, medium dan large. Tinggal menyesuaikan saja. 
  3. Selanjutnya, isi dengan lengkap data penerima pada kolom detail informartion.
  4. Kemudian akan  ada pilihan tipe barang dan selanjutnya informasi harga. Terakhir, tinggal tekan tombol create shipment. 

Kalau pun belum memiliki credits Paxel silakan masukkan kode referal saya; ZAHRAFIRDA, nantinya akan masuk saldo Rp 100.000 bagi kamu yang baru pertama kali mengunduh aplikasi Paxel.  Bagaimana? Mudah kan? Yuk segera dicoba!

 

22 COMMENTS

  1. waah, serius sameday luar kota? kebetulan aku mau kirim barang ke luar kota juga. ke jogja, tp blm tau ini udh tercover ato blm areanya. hebaaat kalo bisa sameday walo luar kota gini :D. aku download deh aplikasinya :). tx infonya mba.

  2. Paxel pas banget nih untuk bisnis online shop saya, paket bisa cepat sampai dengan sistem sameday, customer pun jadi puas dengan pelayanan yang cepat dan packaging yang rapi.

  3. Yang saya suka dari Paxel ini harganya flat dan bisa sampai same day. Temen juga kemarin-kemarin ini pakai Paxel bilang sekarang malah packingnya lebih mantap lagi lebih safety, keren deh Paxel.

  4. Aku udah sering pake Paxel, dan selalu puas.

    Enak ya pake Paxel, ga perlu repot anterin paket kaya yg lain. Tinggal bungkus lalu tunggu kurirnya dateng. Cepet lagi sampenya karena sameday.

  5. Sebagai seorg pebisnis, Paxel sgt memantau. Sejak tahu Paxel Aku serial Palau Paxel utk jemput Buku jualanku dr penerbit. Sangat friendly, terjamin, bahkan telat sedetikpun uangku di refund #terharu

  6. Wah keren Paxel sampai sedetil itu layanannya. Memanusiakan sekali ya..Karena di ekspedisi sebelah, karena murah meriah paket sering diterima dalam kondisi yang enggak sesuai harapan.
    Semoga bisa meluas segera areanya sehingga banyak UMKM dan online shop yang terbantu nanti 🙂

  7. Wow keren banget, datang terlambat pun saldo kembali. Persaingan dunia ekspedisi gini ketat juga ya, bagus sih jadi semua memaksimalkan kepuasan pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here