Edukasi, Inspirasiku

Parenting Ala Ibook Retno Hening: Biasakan Baca Al-Qur’an dan Ajak Ngobrol Bayi Sejak dalam Kandungan

Siapa sih yang nggak kenal Kirana? Bocah bernama lengkap Mayesa Hafsah Kirana ini sudah viral di jagad media sosial sejak empat tahun lalu . Aksinya yang menggemaskan dalam unggahan beberapa video di akun Instagram milik @retnohening telah merebut hati ratusan ribu para netizen. Bahkan, nggak jarang, lho beberapa unggahan videonya mendapat like atau comment dari para artis ibu kota.

Di balik kecerdasan Kirana, ternyata ada sosok Ibu yang juga cerdas dalam mendidik anaknya. Banyak ibu-ibu muda (termasuk saya hehehe) yang terinspirasi gaya parenting ala Ibook Retno ini. Nggak sedikit pula para netizen gadis-gadis yang ingin segera punya anak dan mendidik ala Ibook Retno hehe.

Nah, beberapa waktu lalu Ibook Retno membagikan kisah parenting dan kesehariannya bersama saya melalui surat elektronik. Wah, Ibook makasih banget ya sudah direspon! Yuk, simak wawancara singkatnya berikut ini!

  1. Assalamualaikum, Ibook. Saat ini kesibukan Ibook apa dengan Kirana?

Walaikumsalam mbak. Saya dirumah aja main sama Kirana. Masak dan beresin rumah. Kalo weekend main ketemu temen-temen. Atau kalo ada pengajian jumat suka datang kalo nggak ada halangan.

  1. Setiap pagi apa saja yang Ibook lakukan? Apakah langsung bermain dengan Kirana atau apa?

Pagi nyiapin sarapan untuk suami. Biasanya Kirana masih tidur hehe. Trus lanjut masak untuk siang sambil beberes rumah. Kalo Kirana udah bangun langsung nyuapin dia makan. Lalu lanjut main sama Kirana sambil selesaiin kerjaan rumah hehe…

  1. Apa ada persiapan khusus terkait parenting selama kehamilan Kirana?

Misalnya kayak baca-baca buku parenting gitu ya mbak? Nggak ada kayaknya… huhu. Tapi ada kegiatan pas hamil mbak, saya dulu pengen bayi yang saya kandung dengerin Al Quran. Jadi saya usahakan khatam Al-Quran pas hamil Kirana.

Saya juga sering ajak ngobrol bayi waktu masih dalam kandungan. Waktu hamil Kirana, saya berjauhan dengan suami. Pasti kangen, kan heheee.. jadi saya ajak ngobrol janin supaya nggak kerasa kesepian.

  1. Apa Kirana juga dikenalkan gadget? Sejak usia berapa?

Iya mbak, cuman ya dibatasi. Kirana baru bener-bener pegang smartphone untuk main game gitu usia dua tahunan. Game pertama dia dulu bentuknya puzzle gitu.  Dulu sejak kecil suka saya setelin video-video di Youtube. Tapi udah saya pilihin videonya dan pake lockscreen. Kalo nonton saya usahakan selalu ada di dekat dia dan sambil diajak ngobrol. Jadi fungsinya kayak TV aja. Sampe sekarang dia masih gaptek soal pegang-pegang smartphone. Kalo main game juga ditemenin dan misal kepencet apa gitu dia nggak bisa balikinnya hehehe.

Kirana dibiasakan baca dari bayi. sumber: Intagram @retnohening

 

  1. Sejak usia berapa Kirana dikenalkan bahasa Inggris? Bagaimana mengajar anak bilingual mengingat Ibook tinggal di negeri orang?

Lupa mbak. Tapi kalo lihat-lihat videonya dulu sejak pindah kesini udah mulai dikenalkan. Tapi baru kata benda aja karena buku-buku dia sejak di sini (Oman) berbahasa inggris. Jadi saya suka kenalkan dikit-dikit. Lalu semakin kesini dia kenal sendiri karena tontonannya juga bahasa inggris. Dan temen-temennya yang udah sekolah juga sudah berbahasa inggris. Jadi dia ikutan terbawa pake bahasa inggris gitu. Padahal dia belum bisa, sih haha. Kalo di rumah saya tetap pake bahasa indonesia.

  1. Bagaimana menumbuhkan empati pada Kirana?

Soal empati mungkin karena dari dulu saya terbiasa ngobrol dan bicara apa saja dengan Kirana. Saya berusaha merespon apapun yang dia katakan bahkan sebelum dia bisa bicara. Pokoknya suara yang keluar dari mulutnya saya anggap sebuah komunikasi.

Banyak bahan yang saya obrolin sama Kirana, termasuk misalnya ketika melihat orang dijalan yang lagi kepanasan atau kucing yang lagi cari makanan. Mungkin dari sana juga mbak, mungkin juga karena sering dibacakan buku-buku yang mengandung unsur empati didalamnya. Saya juga di rumah sedikit-sedikit membiasakan Kirana untuk berbagi. Misalnya, menyediakan makanan burung diluar jendela atau sekedar memberi makan ikan. Kegiatan kecil tapi bisa menumbuhkan rasa untuk berbagi dan peduli dari Kirana, mbak..

  1. Bagaimana tantangannya mendidik anak di negeri yang kulturnya berbeda dengan Indonesia? Apa saja sih kesulitannya?

Saya sebenernya sampe sekarang belum menemukan kesulitan. Karena Kirana belum sekolah. Kalo ketemu sama temen-temen di sini juga sama orang Indonesia, temen-temen saya semua orang Indonesia. Jadi di sini Oman rasa Indonesia sebenernya, mbak..hehe.

Meski diberi ‘sakit yang spesial, tapi Kirana tumbuh jadi anak yang ceria! sumber: Instagram @retnohening
  1. Kegiatan yang paling disukai Ibook bersama Kirana apa?

Main kejar-kejaran, main bola dan main masak-masakan….hehe

  1. Bagaimana Ibook dan Ayah mengatur peran dalam mendidik Kirana?

Ayah bermain sama Kirana kalo lagi drumah. Biasanya ngajak Kirana main kalo pas weekend. Misalnya ngajarin berenang, nemenin naik kuda ditaman. Kalo yang kaya gitu kan saya nggak bisa mbak hehee..

  1. Ibuk di Instagram kelihatan kreatif banget mengusir bosan selama mendidik Kirana. Inspirasinya darimana?

Kalo kegiatan suka lihat di internet mbak. Atau dari kegiatan pas ngajar dulu mbak. Atau inget-inget permainan waktu kecil dulu hehehehe.

Nah, jadi gimana ibu-ibu? Bisa banget nih belajar parenting dari Ibook Kirana. Sejak kecil  bahkan sejak dalam kandungan sudah dibiasakan mendengarkan Al-Qur’an. Selain itu, menumbuhkan empati agar peduli pada sekitar dan sesama. Semangat mendidik anak-anak, buibu!

12 Comments

  1. Ini buku Ibook Retno Hening laris manis banget ya. Kemarin di Gramedia Balikpapan lihat masih banyak. Eh sekitar 2 jam kemudian abis muterin mall, makan, shalat, balik lagi ke Gramed bukunya sisa 2.

    1. iya banget mba haha..saya aja bolak balik ke gramed surabaya ludes melulu.. nunggu aja deh hehe

  2. Makasihh bangettt mbak sharingnyaaa. . saya ngikuti instagramnya ibook retno hening jugaa, seneng bangeet liat keceriaan dan kebaikan kirana, Masih kecil tapi dia sudah pintar berbagi dan selalu ceria menghadapi apapun dalam hidupnya. Hal yg paling saya suka dari kirana ketika ada org yg beri komentar tak baik ttg diri. Dia dengan senyum bahagia bilang “It’s Ok, I like myself” 🙂 So inspiring 🙂

    1. sama2 mbaa 🙂
      iyaa ibuknya keren ngajarin empati dan percaya diri sejak kecil…bagus buat dipelajari bagi ortu baru hehe

  3. IBook dan Kiranaa…hihii gemes banget yaa mbak, saya follower sejak bayi..masyaallah pintar banget anaknya..terima kasih featured postnya

    1. iyaa mba sama dong saya juga follower setia dari dia bayi hehe.. gemesss banget.. sambil berdoa moga2 nanti anak saya secerdas dan selucu kirana hehe

  4. Ata

    Aku followersnya kirana jugaaa.. gemes banget ya Mba, pinter. Iboook juga pinter banget mesti bisa bikin kirana jadi anak cerdas. 😀

    1. Iya mba banget! Bisa jadi referensi gaya parentingnya 😀

  5. Keren banget anak n Moms nya…patut di jadikan inspirasi dalam mendidik anak…

    Salam kenal mbk..

    1. iya masya Allah ya mba, ibunya yang keren mendidik anaknya seperti itu..smoga bisa jadi inspirasi semua ibu2 di indonesia 🙂

  6. Ahmad

    Semoga bisa mnginspirasi buat ibu2 ,di indonesia

  7. Langsung follow si ibook ah, anaknya lucu yaaa dan pagenya di IG cukup inspiratif.

Leave a Reply

Required fields are marked*