Bisnis kreatif khususnya dunia digital makin berkembang. Perusahaan start up di bidang ini pun makin menjamur. Tak heran mulai beragam pula jenis profesi di dunia ini. Mulai dari blogger, consultant social media, media analyst, content writer, design graphic dan segudang profesi yang tentu membutuhkan kekuatan internet.

Beberapa pelaku start up tersebut bisa bekerja dari mana saja. Tak melulu di kantor yang megah. Terlebih biaya sewa untuk pelaku bisnis pemula membutuhkan dana yang besar. Untuk itulah saat ini mulai bermunculan coworking space.

Coworking space itu semacam ruang kantor yang digunakan bersama oleh berbagai individu maupun perusahaan strat up dari berbagai bidang dan profesi. Keuntungannya, harga sewa nggak semahal kantor-kantor pada umumnya. Selain itu bisa berkolaborasi bareng pelaku bisnis dan profesiinal dari bidang lain. Jadi menambah networking.

Nah, beberapa waktu lalu saya berkesempatan main ke salah satu coworking space di Malang. Ngalup Coworking Space sebutannya. Kebetulan ada acara belajar bareng Blogger Ngalam soal endorsement blog di tempat ini (nanti saya cerita terpisah ya terkait belajar bareng Blogger Ngalam ini hehe). 

Apa Sih Ngalup Coworking Space?

Kalau dari segi fungsi Ngalup Coworking Space sama dengan beberapa coworking space yang bertebaran di berbagai kota. Di sini kita bisa bekerja sesuai dengan bidang masing-masing. Kita bisa bertemu dengan berbagai macam profesi dan jika mau bisa kolaborasi.

Kalau bedanya? Saya sementara belum riset lebih jauh sih ke coworking space yang lain. Hehe. Kalau ada yang mau membandingkan dengan coworking space di kota-kota lain boleh lho di share 🙂

Kantor yang lokasinya di Jalan Sudimoro Perumahan d’Wiga Regency ini terdiri dari dua lantai. Lantai bawah fungsinya untuk event-event yang memuat peserta seratus orang. Nah, kebetulan banget saya kemarin merasakan ruangan ini. Tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Cukupan lah. Di sudut kiri tersedia pula cafe mini gitu. Kalau mau sekadar pesan cemilan macem kentang goreng dan minuman botol ada.

kantin bawah Ngalup coworking space

Naik ke lantai dua, ruangan kantor tampak lebih luas. Pertama kali masuk saya disuguhi sederet foto-foto kegiatan yang telah terselenggara di sini. Lalu ada ruangan utama yang menyediakan beberapa loker untuk pengunjung. Nah, lokernya ini tentu bukan sembarangan pakai ya. Sebelumnya kudu reservasi dulu. Jadi ya harus pesan untuk memakainya. Untuk pemesanannya pun bisa hanya penggunaan beberapa jam atau bahkan untuk sebulan penuh. Tentu ada spesifikasi harga yang berbeda. Yang jelas untuk pemakaian selama tiga jam dikenai biaya sebesar Rp 50 ribu. Sementara kalau sebulan kamu wajib bayar satu juta rupiah. Bisa di cek di sini ya.

private locker

Asyiknya tempat kerja ini juga disediakan area santai alias relax area. Ada beberapa sofa berukuran sedang jika kamu lelah bekerja. Sembari istirahat sejenak, disediakan pula lho kopi ataupun teh di pantry yang bisa kamu buat sesuka hati. Nah, sambil istirahat bisa tuh diskusi bareng teman-teman beda profesi. Siapa tahu bisa diajak kolaborasi. Kalau yang suka merokok ada juga tempat meeting khusus smoking room. Ruangan ini memuat lebih kurang 15-20 orang.

relax area

Di era digital yang berkembang pesat kini ruang terbuka untuk kolaborasi semakin diminati. Jadi nggak ada istilah untuk sukses sendiri. Nah, di coworking space inilah kesempatan untuk kerja sama perusahaan start up kamu dengan berbagai latar belakang profesi.

Kalau di kotamu adakah coworking space juga? Mana aja nih yang paling ayik buat kerja? Share yuk! 🙂

 

6 COMMENTS

  1. kalau du medan saya tau beberapa.sih tapi antusiasme nya ga seperti di kota besar seperti jakarta, bahkan nyaris tutup karena sepi…

    saya pengen juga nyonai coworling space, kira2 bisa sewa sehari ga ya?

  2. Aku udah nyoba beberapa coworking space, Ngalup ini termasuk yang oke 😀 Teman-temanku banyak yang remote work, jadi perusahaannya di Jakarta, kerjanya tetap di Malang. Biasanya ya ngerjakan di Ngalup ini biar nyaman

    Belum lagi Ngalup sering jadi host acara diskusi atau seminar. Asik, deh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here