Orangtua mana sih yang nggak pengen hal terbaik untuk anaknya?

Semua orangtua pasti berharap kan agar kelak sang buah hati tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, bahagia dan tumbuh kembangnya optimal. Maka dari itu penting banget memerhatikan 1000 hari pertama kehidupan anak. Salah satu yang penting untuk mendukung optimalnya 1000 hari pertama kehidupan tentu saja asupan nutrisinya.

Inget banget dulu waktu hamil Akmal saya sangat menjaga makanan yang masuk ke dalam perut. Memperbanyak sayuran, buah, ikan, daging dan kacang-kacangan sudah menjadi santapan sehari-hari. Bahkan makanan favorit seperti mie dan bakso sangat saya kurangi saat itu hehehe.

Hal ini berlanjut saat masa-masa menyusui. Karena apa yang saya makan tentu saja akan diserap oleh si bayi. ASI yang diminum Akmal menjadi makanan utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Saya memberikan ASI padanya di usianya dari 0-6 bulan.

Menginjak usia 6 bulan saatnya mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada Akmal.

Pertama kali Akmal berkenalan sama buah naga ūüôā

Kenapa memberikan makanan tambahan pada usia segini? Karena ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisinya. Di usia antara 6-8 bulan, kebutuhannya hanya tercukupi dari ASI sebesar 70 persen.

Kebutuhan zat besi pun sudah tak tercukupi sejak bayi berusia enam bulan jika hanya mengonsumsi ASI. Di enam bulan pertama, cadangan zat besi dari lahir memang masih mencukupi kebutuhan tubuhnya.

Tapi setelah usia 6 bulan harus dipenuhi dari MPASI juga. Karena kandungan zat besi dalam ASI saat bayi hanya 0.3 mg zat besi/harinya, sementara kebutuhan zat besi bayi usia 6-12 bulan adalah 11 mg per hari lebih tinggi dari kebutuhan anak berusia 1-3 tahun yang membutuhkan zat besi lebih sedikit, yaitu 7 mg per hari.

Pertama kali mengenalkan MPASI pada Akmal saya membuatkannya makanan yang mengandung protein, lemak, zat besi, kalsium, vitamin, mineral serta makanan-makanan yang mengandung bahan-bahan alami dan memiliki nutrisi lengkap (baik makro maupun mikronutrien).

Waktu itu saya membuatkannya sup nasi ikan ditambah parutan wortel. Karena baru perkenalan makanan maka saya memberikannya dengan tekstur yang lembut, namun tidak terlalu encer. Respon awal tentu saja tidak langsung lahap habis tapi ada adegan dilepeh dikit-dikit hehehe. Tidak mengapa wong baru pertama kali kenalan sama makanan.

Selain makanan utama yang bernutrisi, saya juga memberikan Akmal camilan yang bergizi. Camilannya tentu saja nggak sembarangan, ya. Yakni yang mengandung salah satunya zat besi dan kalsium.

Zat besi penting banget untuk pembentukan hemoglobin darah dan mencegah anemia. Sementara kalsium sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga dibutuhkan untuk otot, jantung, saraf, dan organ tubuh lainnya sehingga dapat berfungsi dengan baik. Misalnya saya berikan  buah-buahan yang ada kandungan zat besi dan kalsiumnya seperti pisang, alpukat, apel, buah naga atau sesekali keju.

Memilihkan camilan untuk Akmal harus selektif karena harus menyesuaikan tekstur dan usianya. Saya pilihkan yang mudah dipegang dan lumer saat dimakan. Saat sudah bisa menjimpit makanan saya pilihkan Milna Nature Puffs Organic

Kelebihan Milna Nature Puffs Organic

Siapa sih bunda-bunda yang nggak kenal sama Milna?

Si ahlinya makanan bayi selama lebih dari 30 tahun, kini menghadirkan Milna Nature Puffs Organic, camilan sehat berbahan organik yang dirancang juga untuk menstimulasi sensor motorik si kecil.

Senang sekali saat tahu Milna Nature Puffs Organic ini dibuat dengan bahan-bahan organik. Tidak mengandung pengawet, tanpa pemanis buatan, tanpa penguat rasa apalagi pewarna sintetis. “Milna Nature Puffs Organic mengandung 95% bahan makanan organik. Dibuat dari beras hasil metode agrikultur ramah lingkungan, non GMO (genetically modified organism) yang terjamin kualitas nutrisinya. Milna Nature Puffs Organic juga bebas gluten, kaya zat besi dan tinggi kalsium,” jelas¬†Christofer Samuel Lesmana, Business Unit Head for Baby and Kids Food Category KALBE Nutritionals.

Ada 3 varian rasa Milna Nature Puffs Organic: Cheese, Banana, Apple&Mix Berries

Selain bernutrisi, Milna Nature Puffs Organic ini juga bebas gluten. Bunda-bunda yang anaknya alergian, insya Allah aman nih memberikan camilan Milna Nature Puffs Organic. Selain itu memiliki tekstur yang lembut dan mudah lumer di mulut.

Rasanya ada apa aja nih?

Ada tiga varian rasa yakni Cheese, Banana dan Apple&Mix Berries. Kesukaan Akmal tentu saja yang Cheese hihi.

Selain itu camilan sehat Milna Nature Puffs Organic ini cocok banget menstimulus sensor motorik si kecil. Bentuk hatinya yang mungil menyesuaikan dengan ukuran tangan anak sehingga leluasa untuk mencubit dan mengambil benda kecil di sekitarnya. Dari sini anak belajar mengembangkan panca indera juga lho. Kalau kata Akmal sih “jajan Love nya lucuk bunda” hehehe.

sumber foto: WWCOMM

Kata¬†Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, pemberian makanan kecil yang sesuai dengan tangan atau dikenal dengan finger food adalah cara yang dianjurkan untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangan, mengembangkan kemampuan menjepit dan mencengkeram, serta keterampilan mengunyah.¬†“Stimulasi ini juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, fokus, perhatian si kecil di kemudian hari,‚ÄĚ papar dr. Muliaman.

Di mana bisa beli Milna Nature Puffs Organic? 

Nggak perlu khawatir bun, karena produk ini sudah bisa ditemukan di mana-mana kok. Di toko general trade, modern trade maupun di e-commerce Official Stores Milna. 

Semangat memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil ya bun. Semoga keluarga sehat selalu! ūüôā

 

15 COMMENTS

  1. Wah unyuuuu banget sih mba Milnanya. Aduh jaman mpasi anak aku dulu belum ada ini cemilan bergizi kayak gini. Sekarang udah banyak ya. Aduh jadi pengen cepet-cepet dikasih anak ke 2 ama Allah. Biar bisa juga dikash milna praktis dan sehat gini

  2. Kesukaan si kecilku ini mbak apalagi rasa keju. Kemana-mana pasti dibawa dan cocok untuk cemilan diperjalanan ataupun saat di rumah. Apalagi mudah larut di dalam mulut si kecil jadi enggak takut keselek.

  3. Hahaha jajan love.. kok lucu sih Mbak wkwkwkw… Tapi emang si cemilan Milna ini lucu ya, bentuknya. Sepertinya enaaak.. bisa ga ya beli trus dicemilin sendiri, lha ga ada bayik, haha…

  4. Pengalaman MPASI tak terlupakan bagiku apalagi anak pertama hehe sangat aware dalam memberiku si kecil makanan. Apalagi cemilan. Untungnya ada produk Milna sebagai cemilan. Apalagi sekarang ada inovasi dari Milna yaitu Milna Nature Puffs Organic

  5. Anakku jg udah mulai makan camilan seperti ini mba, tapi aku belum coba nih mila nauture puffs organismic. Produk baru seperti nya ya mba ?.

    Next kalau ke minimarket aku mau coba ah buat rara.

  6. Anakku suka banget niha snack puff kayak gini, apalagi Milna produknya organic. Selain rasanya enak, Milna Puff gini bisa dijadikan sarana latihan motorik.

  7. kudu beli buat si kecil nih.nanti deh bilang ayahnya, minta tolong beliin pas pulang kerja. bentuknya lucu, anak pasti doyan deh. btw…emaknya ini pengen icip juga boleh kan ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here