Edukasi

Membentuk Karakter Anak Lewat Mendongeng

Salah satu cara efektif menggaet hati anak-anak adalah melalui dongeng.

~ Kak Hadian, ketua Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Wilayah Jatim ~

“Siapa yang mau dengar cerita? Ibu guru punya cerita seru lho!”

Pertanyaan itu sering dijadikan para pengajar sebagai senjata ampuh di kelas saat situasi anak-anak mulai ramai dan uncontrolled. Yup, bercerita atau mendongeng adalah salah satu kegiatan yang disukai anak-anak. Apalagi, jika sang pendongeng bercerita dengan gaya yang menggebu-gebu dan punya beragam mimik muka yang lucu. Siapa yang nggak terpukau? Hehehe.

Mendongeng sendiri sudah sejak jaman purba dilestarikan. Ternyata, aktivitas satu ini punya dampak yang besar, lho buat anak-anak. Selain merangsang imajinasi dan kreativitas anak-anak, dongeng juga dapat dijadikan sebagai motivasi berprestasi dan membentuk karakter anak-anak.

Wah, kok bisa?

Menurut ahli psikologi, David McClelland, dongeng sangat penting bagi pembentukan karakter sebuah bangsa. Saat beliau meneliti di beberapa negara, dongeng yang berbeda setiap negara memberikan warna karakter pada masyarakatnya. Contohnya, bangsa Inggris yang sering mendongengkan anak-anaknya cerita soal kepahlawanan, sejarah atau yang berbau tentang kemenangan, maka membuat mereka menjadi seorang yang tangguh dan ambisius. Karena cerita yang disampaikan ternyata mengendap di bawah alam sadar anak-anak, lalu teringat dan terbawa hingga mereka dewasa. Nggak heran, kan, kalau bangsa satu ini suka menjajah *ups* 😀 .

Nah, kebetulan banget Sabtu (11/3) lalu saya berkesempatan mengikuti pelatihan berkisah. Pelatihan yang diadakan oleh Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI)  ini diadakan di salah satu PAUD di Sidoarjo. Kak Hadian Mariyadi, salah satu pengisi acara tersebut.

Kata Kak Hadian, mendongeng termasuk salah satu cara untuk menggaet hati anak-anak. Mendongeng menjadi alternatif untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak-anak. Maka dari itu, amat penting pemilihan kisah atau cerita yang ingin kita sampaikan. Jangan sampai cerita yang kita buat malah membuat anak-anak bingung dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, Kak Hadian lebih menganjurkan menceritakan kisah-kisah yang diambil dari Al-Qur’an atau kisah perjalanan para Nabi dan sahabatnya. “Atau kita juga bisa membuat cerita sehari-hari tapi tetap memiliki nilai yang Islami,” ungkap Kak Hadian.

Kenapa? Karena dengan begitu secara tidak langsung kita mendidik anak-anak nilai-nilai agama sejak kecil melalui cara yang menyenangkan. Sehingga, bisa dikatakan mendongeng adalah salah satu cara membentuk karakter anak-anak.

Lalu bagaimana sih supaya bercerita lebih menyenangkan dan menarik anak-anak? Ini nih beberapa hal yang disampaikan Kak Hadian :

  • Tatap – Senyum – Bicara

Saat akan memulai bercerita, ada baiknya menunggu anak-anak dalam sikap yang tenang. Lalu, mengawalinya dengan senyum. Kalau sang pendongeng cemberut yang ada malah anak-anak lari, hehehe. Nah, selanjutnya bisa mengawali cerita dengan pembukaan yang menarik.

Menurut Kak Hadian, pembukaan sebuah kisah nggak melulu didahului ‘Pada jaman dahulu kala’, ‘pada suatu hari’, atau pembukaan yang mirip seperti itu. “Itu mah udah kuno. Hahaha,” kata Kak Hadian.

Awal berkisah yang menarik bisa dimulai dengan menirukan suara-suara binatang, terompet atau efek suara seperti gelegar hujan, pintu berderit, dan lain-lain.

  • Body Language

Ini nih yang penting. Bercerita dengan gaya patung atau monoton jelas membuat anak cepat bosan. Maka, penting banget saat mendongeng kita memiliki gerakan tangan atau tubuh yang mewakili watak tokoh. Misalnya, kalau sedang memerankan seekor kanguru, boleh lho ditirukan sambil lompat-lompat. 😀 “Akting yang agak lebay di depan anak-anak nggak masalah. Supaya mereka nggak gampang ngantuk,” ujar Kak Hadian. Karena anak-anak suka merespon segala sesuatu yang sifatnya visual. Mereka akan segera terangsang saat melihat sesuatu yang bergerak.

Tapi perlu diingat, gaya berkisah dengan full body language ini jangan diterapkan saat mereka mau pergi tidur, ya. Yang ada mereka malah ngikutin ayah/ibunya yang lagi mendongeng 😀 Kalau mau tidur cukup membacakannya kisah atau cerita dari buku. Selain itu, ayah/ibu nggak perlu berlebihan untuk dongeng pengantar tidur. Jadi, disesuaikan juga dengan kebutuhan, ya.

Kak Hadian saat mendongeng… unyu kaan? 😀
  • Olah Suara

Saat bercerita kita memainkan beberapa tokoh. Nah, usahakan memberikan warna suara yang berbeda-beda untuk setiap karakter. Ada suara kecil, suara yang dibisikkan, suara besar seperti seorang raksasa, panglima atau raja, lalu ada pula suara asli kita. Biasanya untuk suara asli digunakan sebagai pengantar narasi. Berbagai tipe suara ini bisa menggambarkan sebuah suasana dan situasi dalam cerita.

  • Komunikatif

Sesekali lemparkan pertanyaan di sela-sela mendongeng. Supaya ada komunikasi dua arah kepada anak-anak. Misalnya, mendongeng soal kebersihan, kita bisa menanyakan mereka ‘Kenapa sih kita harus cuci tangan?” Dengan begini anak akan ingat dan sadar pentingnya menjaga kebersihan

Yang paling penting cerita itu menyampaikan pesan baik dan memotivasi anak-anak. Selain itu, ada problem solving dalam sebuah cerita.

Bagaimana ibu-ibu, bapak-bapak? Yaaa meski anak saya belum lahir tapi boleh banget cara ini dicoba. Hehehe. Selamat mendongeng!

Dengarkan kata-kataku, lalu imajinasikan kisahku di benakmu!

~ Kak Hadian ~

7 Comments

  1. Sudah tau penting dongeng namun terkadang sebagai orang tua sampai rumah sudah terlanjur capek setelah seharian bekerja. Jadi gak berselera mendongeng untuk anak. Harus dirubah sih yaa,,demi anak.

    1. Kalo gitu dongeng sambil Baca buku aja Mbak he he…gak perlu pake gaya2 😀

  2. Woaa makasih ya Mba tipsnya, gak sabar pengen mendongeng untuk baby nanti^^

    1. Yuhu sama2 mba. Smoga bermanfaat ya 🙂

  3. kadang gantian…anak-anak yang tak suruh mendongeng…abis mulut udah pegel baca, masih kurang aja qiqiqi

    1. haha gapapa good good mbaa..anak-anak biar latihan ngomong di depan umum 😀

  4. JoO

    Bener banget, dongeng emang bisa mempengaruhi karakter kita.
    Asli itu tips-nya nyindir saya semua kkkk…

Leave a Reply

Required fields are marked*