Waktu Akmal bayi saya masih takut untuk memijatnya lantaran tubuhnya yang masih terlihat ringkih. Alhasil, saya serahkan ke tukang pijat bayi. Eh ndilalah ada beberapa gerakan pijat yang kurang tepat. Saya baru taunya pas kemarin (6 April) menghadiri pelatihan pijat bayi yang diadakan oleh Johnson’s dan The Urban Mama Meetup Bloggers di Hotel Ibis Style Surabaya.

Kata mbak Gina Puspanti Anggraeni, salah seorang certified instruktur pijat bayi mengungkapkan gerakan pijat bayi dibagi menjadi enam area. Yakni pijatan wajah, pijatan dada, pijatan perut, pijatan tangan, pijatan kaki dan pijatan punggung. Nah, bahkan untuk urusan pijat memijat pun ada ilmunya, nggak boleh sembarangan ya. Berikut ini saya jabarkan satu-satu :

teknik pijat bayi
mbak Gina, certified instruktur pijat bayi dari Johnson’s baby saat memberikan penjelasan teknik-teknik pijat bayi.

Teknik Memijat Bayi

Pijatan Wajah

1. CARESS LOVE (Sentuhan Cinta)

Gerakan pijat dari dahi ke bawah mengarah ke dagu bayi.

2. RELAX (Pijatan daerah alis)

manfaat pijat bayi

Pijatan area alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari.

3. SMILE 

Gerakan ini seperti membuat pola senyuman di atas bibir menggunakan ibu jari.

Pijatan Dada

1. BUTTERFLY

Gerakan kedua telapak tangan ke atas sampai di bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengah, tanpa mengangkat tangan.

2. CROSS/MENYILANG

Kalau bagian ini bunda bisa memijat dada bayi dengan pijat menyilang. Dimulai dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.

Pijatan Perut

1. “I”

Gerakan pijat membentuk pola huruf “I” dari perut kiri atas bayi.

2. “L.O.V.E”

Gerakan pijatan membentuk huruf “L” terbalik. Dimulai dari atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut.

3. “U”

Gerakan membentuk huruf “U” terbalik. Dari perut sebelah kanan bayi dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

4. WALKING FINGERS

Caranya dengan menekan dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari kanan ke kiri.

Pijatan Tangan

1. FINGER SHAKE

Goyang dan tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking.

pelatihan pijat bayi

2. ROLLING

Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.

3. MILKING

Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang.
A. Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
B. Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas

Pijatan Kaki

1. RELAX 

Menyilangkan kaki ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Lakukan berulang kali.

2. SLIP (Pijatan Meluncur)

Letakkan bayi dalam posisi tengkurap. Posisikan satu telapak tangan Bunda, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong

Minjem anaknya @nabilladp nih gemas sekali hehe.

Bagaimana bunda-bunda? Mudah bukan? Pijat bayi ini bisa dilakukan setiap hari, misalnya sehabis mandi. Jangan memijat bayi ketika sudah kenyang atau dalam keadaan mengantuk ya. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi artikel soal pijat bayi dari Johnson’s ini 

Kenapa sih sebegitu pentingnya memijat bayi sejak dini? Kata dr. Dyah Retno Wulan Spa saat memberikan penjelasan kemarin, banyak sekali manfaat pijat bayi baik bagi anak maupun bagi orangtua. Diantaranya;

Manfaat Pijat Bayi

  1. Membantu mengatasi gangguan tidur
  2. Membantu menurunkan stress bayi
  3. Membantu memperlancar pencernaan
  4. Memperbaiki sistem imun
  5. Membantu meredakan kolik, tumbuh gigi
  6. Membuat tidur lebih lama
  7. Membentuk bonding orangtua dan bayi
  8. Meningkatkan rasa percaya diri dalam mengasuh anak.

Wah banyak juga ya manfaatnya. Jadi keinget sama Akmal, salah satu aktivitas favoritnya ya pada saat dipijat sehabis mandi. Kalau mau tidur saya juga suka memijat agar tidurnya lebih nyenyak. Pantesan aja setiap kali dipijat Akmal lebih anteng hehe.

dr Dyah mengungkapkan pijat kepada bayi juga menjadi salah satu bentuk stimulasi untuk tumbuh kembangnya agar optimal. “Salah satu stimulasi awal yakni saat bayi lahir lalu diletakkan pada dada ibu dan melakukan inisiasi menyusui dini”, tutur dokter spesialis anak dari Universitas Airlangga tersebut.

Sentuhan ini memberikan stimulasi pada penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran serta keseimbangan fisik bayi.

Sentuhan Cinta dari Johnson’s

Pentingnya sentuhan sejak bayi ini pun didukung oleh Johnson’s. Melalui program Sentuhan Cinta, Johnson’s mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Program tersebut berfokus pada edukasi pijat bayi bagi seluruh ibu-ibu di Indonesia. Sentuhan Cinta sendiri diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000. Yakni melalui peluncuran buku panduan pijat bayi Johnson’s yang bekerja sama dengan dokter anak Indonesia. Sejak itu, Johnson’s terus melakukan edukasi pijat bayi terhadap ahli kesehatan dan para ibu baru di seluruh Indonesia.

instruktur pijat bayi

Wynne Lukman, Brand Manager Johnson Baby mengungkapkan angka kematian bayi di Indonesia memang menurun namun belum mencapai target pemerintah. “Salah satu upaya menurunkan angka kematian tersebut selain memberikan nutrisi, adalah dengan memberikan afeksi, sentuhan fisik. Dan kontak fisik paling bagus ya sama orangtuanya langsung,” papar Wynne.

Wynne sendiri cerita kalau dulu anaknya bermasalah dengan kulit yang sensitif dan suka mengalami kolik. Saat mengetahui bagaimana cara memijat yang benar, serta menggunakan produk yang tepat untuk memijat, berangsur kulit bayinya sembuh dan koliknya mereda. “Bersyukur banget akhirnya dipertemukan sama produknya Johnson’s, saya selalu pakai untuk pijat setiap habis mandi dan mau tidur. Kulitnya kembali halus dan tidurnya jadi lebih nyenyak,” katanya.

Yuk! Dukung Kampanye Sentuhan Cinta

Tahun ini, Johnson’s mengembangkan program Sentuhan Cinta dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelatihan pijat bayi. Dan mengajak para ibu untuk berpartisipasi dalam pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak.

Dengan mendukung program ini, ibu-ibu bisa turut berpartisipasi dalam pembangunan Posyandu di Randusongo, Gresik, Jawa Timur lho. Agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Gimana caranya?

Ibu-ibu cukup melakukan pembelian produk Johnson’s di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp 25.000. Nah, setiap pembelian Johnson’s oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya, ibu-ibu turut berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta. Dari transaksi tersebut, maka secara otomatis kita dapat menyumbangkan Rp 500 untuk membantu pembangunan posyandu di Gresik. Mudah banget, kan?

produk johnson's baby

Untuk mengetahui info lebih lanjut bisa klik di bawah ya:

Website : Sentuhan Cinta Johnson’s 

Instagram : JohnsonsBaby_id

Facebook : Johnsons Baby Indonesia

Kapan lagi pijat anak sendiri sambil turut berdonasi? Pahalanya dobel-dobel mah ini Insya Allah 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here