Jauh sebelum menikah Ibu saya mengingatkan bahwa pernikahan bukan sekadar melepas status single menjadi double. Namun lebih dari itu, menikah adalah salah satu bentuk ibadah. Ibadah terpanjang dalam sejarah manusia. Maka dari itu isinya tentu tidak hanya senang-senang, romantis-romantisan atau peluk-pelukan.

Di dalamnya juga ada perdebatan, pengorbanan, jatuh bangun oleh banyak persoalan baik secara internal maupun eksternal.

“Kamu harus sadar sejak awal setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan, termasuk pasangan kamu,” tutur Ibu saat mendekati hari pernikahan saya. Bahkan nasihat itu masih sering digaungkan ke saya setelah punya anak.

 

Kunci #1 : Memahami Perbedaan Masing-masing Pasangan

Tapi ya emang bener sih, wong anak kembar aja bisa beda karakter dan sifat, lha suami istri yang sebelumnya nggak pernah ketemu, punya latar belakang keluarga yang berbeda-beda pula, punya kebiasaan dan tabiat yang berbeda, tiba-tiba harus tinggal bersama.

Di awal pernikahan tentu terkaget-kaget akan karakter dan kebiasaan masing-masing pasangan. Bahkan sekarang terkadang juga masih kok haha. Kalau nggak di manage dengan baik, hal-hal sekecil lupa naroh baju kotor di bak, lupa naroh kunci di mana, dsb tentu menjadi hal yang bikin berantem tiap hari. Betul nggak? Hehe.

Makanya pesan Ibu yang sampai hari ini nancep soal pernikahan salah satunya, “Ya pokoknya kamu saling menghargai dan saling pengertian lah. Selama perbedaan itu nggak memengaruhi aqidah ya nggak perlu dibesar-besarkan,” gitu sih kata beliau yang sampai hari ini pernikahannya menginjak usia 28 tahun. WOW Masya Allah ya.

Hmm…berarti selain “cinta”, komunikasi memang penting banget ya dalam menjalani hubungan suami istri ini. Supaya nggak salah paham diantara masing-masing pasangan. Intinya “saling” gitu lah ya.

Kunci #2 : Pentingnya Komunikasi dan Waktu Berdua Saja

Sharing bersama Sarah Sofyan di #HIJUPbloggersmeetup x #ArisanResik

Seperti yang juga diungkapkan oleh Sarah Sofyan, seorang womenpreneur dan influencer waktu sharing bareng di acara #HIJUPbloggersmeetup bersama #ArisanResik beberapa waktu lalu di Hotel Yello Jemursari Surabaya. Sarah mengungkapkan nomor satu yang penting agar awet sama pasangan adalah komunikasi. “Saya kalau sama suami nggak pake kode-kodean lah. Kalau ada apa-apa ya ngomong aja langsung,” tutur ibu satu anak tersebut.

Keseruan bareng HIJUP bloggers Surabaya.

Dia pun mengakui setelah adanya kehadiran anak tidak bisa dipungkiri waktu berdua dengan suami memang berkurang, pikiran kita menjadi terpecah dan kerap kali suami menjadi “terlupakan”. Namun bukan berarti komunikasi putus gitu aja. “Kalau bisa bikin jadwal quality time berdua aja sama suami. Entah hanya sekadar nonton atau makan bareng di luar tanpa anak,” ungkapnya.

Selain itu Sarah juga beberapa kali travelling hanya berdua dengan suami. Bahkan saat suaminya ke luar kota Sarah juga diminta menemani suaminya turut serta. “Usahakan juga kalau sudah di rumah dan berkumpul bersama letakkan gadget masing-masing. Jangan sibuk sama gadget sendiri, coba ngobrol bareng,” imbuhnya.

Hal lain yang paling penting menurutnya adalah menyegerakan “ajakan” suami. “Jangan sampai dong kita sering menolak ajakan suami, dianya malah mencari “di luar” sana. karena ya itu memang kebutuhan,” tegas Sarah. Waduh, ya amit-amit naudzubillah min dzalik ya.

Kunci #3: Pandai Merawat Diri

Untuk itulah menurut Sarah, penting sekali seorang perempuan pandai merawat diri. Baik dari penampilan luar maupun dalam. Maklum kan ya setelah punya anak terjadi perubahan besar-besaran pada fisik kita. Termasuk area kewanitaan.

Tentu saja ada perubahan pada area kewanitaan yang signifikan sebelum dan setelah melahirkan. Dalam acara gathering tersebut, Dokter Muhammad Ilham Aldika mengungkapkan bahwa hal tersebut lumrah terjadi. Selain oleh karena persalinan dan melahirkan, faktor lain yang menyebabkan perubahan area kewanitaan kita adalah karena penuaan, kecelakaan hingga penggunaan pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat.

Selain Sarah Sofyan, hadir pula Dokter Aldi dan Yuni Kristina dari PT Kino.

Untuk itulah merawat area kewanitaan juga menjadi salah satu hal penting agar tetap sehat, bersih dan wangi. Sarah mengungkapkan pengalamannya selama menjaga “miss V” nya. Misalnya dengan menjaga makanan, memperbanyak buah dan sayur serta rutin berolahraga seperti pilates dan senam kegel. “Selain itu rutin memakai sabun Resik V Manjakani agar tetap bersih dan harum. Karena terkadang saya suka keputihan,” ujarnya.

Kunci #4: Rutin Menggunakan Resik V Manjakani Whitening

Dulu saya pikir membersihkan area kewanitaan cukup dengan sabun mandi biasa. Eh ternyata kurang bagus, lho. Sebab dapat membunuh bakteri baik yang ada di daerah kewanitaan kita. Untuk itu sebaiknya menggunakan sabun khusus untuk miss V dengan pH yang sesuai. Salah satunya dari Resik V yang terbaru yakni Manjakani Whitening.

Di dalamnya mengandung bahan-bahan alami seperti manjakani dan bengkoang.

Tahukah bunda-bunda, manjakani itu ternyata sudah sejak ratusan tahun dimanfaatkan sebagai ramuan herbal. Fungsinya untuk mengatasi keputihan dan gatal-gatal pada area kewanitaan yang disebabkan karena iritasi. Menurut riset pakar herbalis, Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma menyatakan dalam penelitiannya bahwa buah ekstrak manjakani dapat membantu mengencangkan miss V menjadi lebih kencang dan elastis. “Di manjakani ini mengandung tanin sebagai antiinflamasi. Jadi kalau habis melahirkan bisa mengembalikan kekencangan miss V,” ungkap Yuni Kristina selaku GM dari PT Kino.

Selain manjakani, bengkoang yang terkandung dalam #ResikVManjakaniWhitening ini juga memiliki banyak manfaat. Yakni dapat mencerahkan kulit di sekitar area kewanitaan.

Bebikinan decoupage bersama mbak Pramieta Fitriarini

Dengan kedua bahan tersebut yang terkandung dalam Resik V Manjakani Whitening  terbukti mampu memutihkan 2x lebih cerah dan makin mengencangkan area kewanitaan. Hal ini bahkan sudah teruji secara klinis berdasarkan uji riset terhadap 200 pengguna feminine hygiene. #ResikVManjakaniWhitening mewujudkan banyak perempuan menjadi #IstriResik yang disayang suami.

Nggak pernah bebikinan begini, kelihatan banget ya kaku haha.

Kunci #5: Tampil Cantik dengan HIJUP

Siapa yang suka belanja di HIJUP?

Yang saya suka dari e-commerce muslim ini karena produk-produknya yang terlihat elegan dan cantik. Cobain deh bunda-bunda sesekali memakai pakaian yang cantik di rumah, jangan dasteran muluuu haha. Nggak ada salahnya dong tampil anggun dan cantik meski di rumah apalagi di hadapan suami. Itung-itung nambah pahala yaa.

Pilihan koleksi di HIJUP juga beragam. Mulai dari jilbab, kemeja, tunik, abaya, kaftan, gaun, hingga produk-produk skincare berkualitas ada di sini semua. Super lengkap!

baju di sini cakep-cakep!

Nah, kebetulan banget bundaa, bulan ini hingga 30 November 2018 nanti ada voucher potongan belanja di HIJUP.COM sebesar Rp 50.000,- untuk minimum belanja Rp 250.000,-. Caranya pun gampang, tinggal masukkan aja kode HIJUPRVMSURABAYA di akhir checkout. 

Banyak pilihan dan tampilan webnya user mobile friendly. Jadi gampang kalau mau belanja online meski di mana pun.

Hayooo sapa tuh yang denger kata diskon langsung melek? Hehe.

Cuss deh langsung meluncur ke webnya, bisa klik banner di bawah ini ya
Kalau bunda-bunda gimana nih cara merawat keharmonisan keluarga? Yuk saling berbagi di sini! Siapa tahu saya bisa sontek ilmunya hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here