Beberapa waktu lalu ngobrol sama suami soal “ide gila” yang dia punya. Keliling Indonesia naik mobil pribadi sama anak dan istrinya! “Nggak cuman ngendon di pulau Jawa aja, aku mau kita bisa sampe Sumatera, Kalimantan, keliling dah pokoknya,” ujarnya ke saya.

Lha gila kenapa? Ya iya banyak kan yang harus dipertimbangkan. Biaya, destinasi, waktu, tenaga apalagi bawa satu balita tentu saja nggak mudah. Membayangkannya saja ribet hehe tapi sekaligus excited!

Secara saya orangnya juga suka sih jalan-jalan hehe. Ya gimana hasrat sejak muda doyan banget mbolang. Jadi pas suami mengutarakan idenya itu saya langsung memekikkan dengan lantang “AYOK! SERU BANGET PASTI!” Menurut dia, selain untuk refreshing jalan-jalan keliling Indonesia ini juga untuk proses pembelajaran buat Akmal.

Kata suami (lagi) dari perjalanan itu orang akan belajar banyak hal, nggak sekadar senang-senang, foto-foto, makan-makan. Lebih dari itu, belajar budaya baru, belajar fenomena alam, bertemu orang asing dan berkenalan, belajar memutuskan sesuatu, belajar tanggung jawab, dan banyak nilai-nilai berharga lain dari sebuah perjalanan. Kami ingin Akmal kelak bisa belajar banyak hal di luar kelas selain hanya di bangku sekolah.

Dari ide itu saya jadi “gatal” membuat list destinasi wisata mana saja yang nanti ingin kami kunjungi hehe. Berencana dan berharap sah-sah saja kan. Soal gimana ke sananya, kapan berangkatnya, berapa budgetnya yawislah urusan nanti saja haha.

Eh saya kok langsung kepikiran kota Medan ya ngajak suami sama Akmal untuk “misi” pertama ide gila kami. Kenapa ya? Sebenernya penasaran aja sih sama kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya itu. Terlebih tetangga sebelah rumah ortu saya orang Medan, logatnya yang khas Batak itu jadi kepengen tahu lebih banyak budaya orang sana.

Destinasi Wisata Keluarga di Medan

Karena saya dan suami kebetulan suka wisata yang berbau alam dan mengandung unsur budaya, kayaknya beberapa list destinasi wisata di Medan ini bisa jadi tujuan kami :

1. Danau Toba

sumber: wikipedia

Meski terdengar mainstream, menurut saya Danau Toba wajib sih dikunjungi hehe. Secara kan ikon wisata kota Medan, terlebih saat tempat ini digadang-gadang menjadi salah satu Geopark dunia. Jadi makin penasaran kan. Hijaunya pepohonan pinus yang mengelilingi danau, memanjakan mata yang penat akan keriuhan hidup di kota.

Menariknya, seperti yang dilansir dari Kompas, tahun ini ada juga beberapa festival di sekitar danau Toba. Seperti, Karnaval Si Gale-Gale, Toba Caldera World Music Festival, dan Festival Danau Toba. Waah menarik banget ya, selain menikmati indahnya pemandangan danau Toba, sekaligus juga dapat pengalaman mengenal kearifan lokal di sana.

2. Bukit Lawang

Hutan yang lokasinya dekat dengan Taman Nasional Gunung Leuser ini cukup mencuri perhatian saya. Seperti yang dilansir dari laman Kementrian Pariwisata Indonesia , Bukit Lawang ini berupa hutan yang luas, berisi penangkaran orang utan yang jumlahnya tak kurang dari lima ribu ekor. WOW! Pasti Akmal suka banget tempat ini. Melihat orang utan gelantungan dari satu pohon ke pohon lain hihi.

3.  “Rahmat” International Wildlife Museum & Gallery

Berhubung Akmal suka banget sama hewan-hewan, mulai dari buku, mainan hingga gambar apa aja yang ada kaitannya sama hewan, nggak ada salahnya nih ngajak ke sini. Museum Rahmat ini menjadi salah satu satwa liar pertama di Asia Tenggara yang terlengkap.

sumber: https://rahmatgallery.com/

Hwaaaa pasi seru deh melihat koleksi berbagai jenis satwa yang sudah diawetkan. Tapi jangan salah sangka, satwa yang diawetkan disini adalah satwa yang sudah mati dari berbagai taman hewan & kebun binatang, hasil buruan yang sudah dilegalkan, pembelian secara legal dari berbagai negara, serta pemberian dari teman-teman founder museum & sumbangan dari berbagai kalangan. (sumber di sini ya).

4. Masjid Raya Medan

Selain mengenalkan wisata alam ke Akmal, perlu juga mengenalkan wisata yang bernilai religi. Ke Masjid Raya Medan salah satunya. Lihat foto-foto megahnya masjid yang bergaya arsitektur Timur Tengah, India dan Spanyol ini jadi pengen salat di sana. Semoga keturutan deh ya. Aamiin.

Agar perjalanan tetap nyaman tentu saja kami perlu merencanakan untuk menginap di hotel. Dulu jaman masih single nginep di penginapan aja udah cukup atau gelar tenda haha. Lah sekarang ya nggak mungkin dong bawa balita nginep di tempat begitu. Sebab bawa balita itu nggak semudah gendong boneka (yaiyalah).

Tips Berburu Hotel

Karena sekarang sudah punya “buntut”, berburu hotel harus teliti dan nggak boleh sembarangan. Biar anak dan ortu nggak rewel hehe. Beruntung banget sekarang ada situs dan aplikasinya Pegipegi. Di situs ini lengkap banget. Nih, ya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hotel di Medan nanti:

1 . Pilih hotel yang dekat dengan tujuan tempat wisata. Nah, di situs Pegipegi ini kita bisa atur mau mencari hotel di mana, menyesuaikan dengan jarak destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Penting banget nih supaya nggak habis di jalan, kan lebih efektif ya. Di sidebar kiri situs ini nanti tinggal centang aja mau pilih area hotel di Medan tu di mana saja. Sehingga memudahkan kita untuk mengetahuinya.

2. Perhatikan Fasilitas. Karena membawa balita ada beberapa fasilitas yang perlu diperhatikan. Misalnya, apakah ruangannya bebas rokok, ada spot bermain nggak (ini optional sih), apakah dekat dengan pusat perbelanjaan, dll yang bisa dipertimbangkan untuk staycation keluarga. Di Pegipegi pun kita bisa memilih beberapa jenis fitur hotel yang diinginkan. Di kolom kiri kita bisa pilih mau hotel yang seperti apa, ada beberapa pilihan fasilitas di kolom ini. Nanti akan keluar list hotel dengan kriteria tersebut.

3. Harga Hotel. NAH INI PENTING BANGET hehe. Mau pilih hotel bintang 3, hotel bintang 4 sampe hotel bintang 5 monggo semua kembali ke budget keluarga masing-masing. Kita bisa pilih di kolom filter tarif hotel yang kita inginkan. Bisa kita atur mulai range harga Rp 50 ribu hingga Rp 2 jutaan ke atas. Nanti akan  keluar list hotel dan tinggal pilih-pilih deh.

Sesungguhnya butuh ketelitian dan ketelatenan dalam mencari hotel yang sesuai sama keinginan kita. Supaya liburan nyaman dan tenang. Pas banget Pegipegi menyediakan plateform dalam mencari hotel, dengan fitur filternya yang lengkap memudahkan kita mencari hotel di Medan sesuai kebutuhan dan keinginan.

Kalau kamu apa pertimbangan dalam memilih hotel?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here