Review

Buku Anti Panik, Pegangan Wajib Ibu Baru

Menjadi calon orangtua atau sedang menjalani peran sebagai orangtua baru tentu banyak hal yang harus dipersiapkan. Tidak hanya sekadar mempersiapkan perlengkapan bayi, finansial atau yang bersifat material. Tetapi, pengetahuan mengenai mendidik atau bahasa kerennya sekarang parenting itu sangat penting buat saya. Apalagi, belum ada sekolah resmi soal ini. Ya, meskipun sekarang mulai bertebaran kelas-kelas parenting untuk para orangtua. Mulai yang gratis sampai berbayar.

Selain itu, cerita pengalaman orangtua kita, teman-teman atau tetangga  juga bisa dijadikan rujukan atau referensi saat anak kita lahir nanti. Lalu, apakah itu cukup?

Kalau saya, tetap akan menambahkan referensi itu dari internet atau buku.

Nah, selama perjalanan menunggu bayi lahir ini saya membaca beberapa buku mengenai parenting. Karena, kalau hanya dari internet terkadang ada beberapa hal yang membuat bingung. Salah satu buku yang akan saya review kali ini adalah buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun. 

img_20170219_1705251

Penulis : Tim Tiga Generasi

Penerbit: Wahyu Media

Tanggal terbit: Juni 2016

Jumlah Halaman: 392

Berat Buku: 500 gr

WOW! Anti Panik? Dari judulnya saja membuat saya geli. Hehe. Membayangkan bagaimana nantinya orangtua baru menghadapi dan mengurus anak pertama mereka. Tenang, buibu di dalam buku setebal 392 halaman ini akan dijelaskan dan dipaparkan mengenai segala seluk beluk menyambut dan mengurus bayi.

Buku ini dibagi menjadi lima tahap tahap yang disesuaikan dengan usia bayi. Mulai dari usia 0-6 bulan, 6-12 bulan, 12-18 bulan, 18-24 bulan, hingga 24-36 bulan.

Dalam setiap tahap, ada banyak informasi di buku ini mulai dari perkembangan bayi, bagaimana memantaunya lengkap dengan tips-tips sekaligus praktik langsung.

Misalnya saja nih, di bab perkembangan bayi usia 0-6 bulan ada penjelasan megenai Mengapa Bayi Menangis. Terkadang, sebagai orangtua baru kita bingung apa yang diinginkan bayi saat dia menangis. Terlebih, dia belum bisa berkata-kata layaknya orang dewasa ((yaiyalah haha)).

Nah, di dalam buku ini dijelaskan beberapa alasannya. Bayi menangis karena banyak hal. Bisa saja dia lapar, kepanasan, kedinginan, ingin buang air atau sedang sakit. Dijelaskan dengan simpel dan juga disertai dengan gambar yang lucu membuat kita nggak bosan baca buku ini.

Unyu kaaan dalemnya haha

Unyu kaaan dalemnya haha

Selain itu, di buku ini juga bertebaran tips-tips mengenai banyak hal. Mulai dari mengatasi bayi menangis, bagaimana memandikan bayi yang asyik, mengenalkan anak ke orang baru, menyusui yang benar, hingga tips saat nanti memilih sekolah untuk anak.

Dengan bahasa yang lugas, simpel dan padat cocok banget dibaca semua orangtua, atau yang mau menjadi orangtua. Yang nggak terlalu suka baca buku, cocok banget baca ini. Bisa dibaca sekali duduk karena kalimatnya nggak ribet. 

Ada juga lho penjelasan tentang mitos dan fakta. Selama menanti buah hati pasti sering kan mendengar beberapa mitos dari orang-orang tua dahulu. Hehehe. Naah, disini dijelaskan mana saja yang mitos dan fakta. Tentunya penjelasan didasari atas beberapa riset ya.

img_20170220_1431501

Oya, buku ini nggak cuman buat para ibu-ibu saja. Buat para ayah juga wajib baca! ((Maksa hehe)). Karena, ada beberapa tips buat para ayah untuk membantu dan mendukung sang ibu selama mengurus bayi.

Misalnya, bagaimana sih peran ayah saat masa growth spurt. Apaan tuh? Jadi, masa dimana bayi akan menyusui lebih sering dan lebih lama dari biasanya. Masa ini biasanya terjadi selama 3-4 hari.

Intinya, buku ini semacam buku saku lah buat para orangtua newbie seperti saya. Hehe. Jadi, bisa tahu apa aja yang harus kita lakukan saat bayi pertama kita lahir. Anyway, buibu selamat membaca! Let’s become smart parents 🙂

2 Comments

  1. Lucu banget bukunya dikemas dengan sederhana walaupun buat orang tua 😀

    1. Iyaa full color…jadi bacanya nggak bosen haha

Leave a Reply

Required fields are marked*